Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo Launching Sidoarjo Siap 24 Jam

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 10 Jul 2024 14:32 WIB

Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo Launching Sidoarjo Siap 24 Jam

i

Komandan Kodim 0816/Sidoarjo, Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo bersama Sekda Kabupaten Sidoarjo Fenny A, di lapangan Makodim 0816 Sidoarjo, Rabu (10/7/2024) pagi. SP/Hik

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo -  Kodim 0816/Sidoarjo kembali menggelar Sidoarjo Siap 24 jam 2024. Ini merupakan kegiatan dua tahunan TNI untuk pembangunan inovatif peduli dan aman. Meningkatkan pembinaan teritorial di wilayah Kota Delta, sekaligus menjadi program andalan yang sudah berlangsung dan ini adalah tahap ke-VII tahun 2024.

Program Sidoarjo Siap 24 jam tersebut, secara resmi di launching Komandan Kodim 0816 Sidoarjo, Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo didampingi Sekda Kabupaten Sidoarjo, di lapangan Makodim 0816 Sidoarjo, Rabu (10/7/2024) pagi. 

Baca Juga: Rembuk Stunting, Wujud Serius Tingkatkan Gizi Seimbang Anak di Desa Penatar Sewu

Hadir dalam kesempatan itu, Sekda Sidoarjo Fenny A,perwakilan forkopimda, Ketua Umum KONI Sidoarjo Franki Effendi, Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD), para Camat, 18 Danramil se-Kabupaten Sidoarjo, Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad), para Kapolsek Jajaran Polresta Sidoarjo, Forum Keluarga Putra-Putri Purnawirawan dan Putra -Putri TNI-Polri,  serta 540 orang Undangan umum lainnya.

Inspektur upacara adalah Komandan Kodim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo, yang bertempat di lapangan Makodim 0816 / Sidoarjo. sedangkan Komandan Upacara adalah Danramil 0816-09/Krian, Bati Bakti TNI Siter Dim 0816/Sidoarjo sebagai pembawa acara pagi itu berjalan dengan lancar serta tertib.

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 0816 Sidoarjo, Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo, mengatakan semangat inovasi aman dan peduli 24 jam dengan komitmen pembangunan inovatif peduli. Khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan, kesehatan melalui kebersihan dan penghijauan lingkungan dalam meningkatkan kesadaran  bela negara dan wawasan kebangsaan bagi para generasi penerus.

Kegiatan yang bertemakan " Guyub Rukun Nagawe Santoso Manunggal Sawijining Ayem Tentrem" mewujudkan kerukunan dan kebersamaan. “Dengan kekompakan dan kebersamaan akan tercipta kesejahteraan, juga situasi yang aman selama 24 jam,” paparnya.

Letkol Inf Guntung juga menjelaskan bahwa kegiatan Sidoarjo Siap 24 jam, merupakan kegiatan bersifat fisik dan non fisik. Mitra para Babinsa atau yang dinamakan, "Rencang Babinsa" bahwa babinsa adalah sahabat teman atau kawan yang melaksanakan tugas dengan cekatan dan dapat mengambil keputusan dengan hasil yang baik. 

Baca Juga: DPRD Jatim Dorong Disbudpar Pengembangan Wisata Kreatif Desa Nelayan di Sidoarjo

Kegiatan Sidoarjo siap 24 Jam, “noto roso, mijil tresno agawe karyo kanggo Sidoarjo lan negoro”, diartikan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menata diri baik secara individu maupun golongan, lahir maupun batin untuk menumbuhkan rasa cinta sesama, saling menghormati di tengah keberagaman untuk menciptakan karya terbaik untuk bangsa dan negara.

Kegiatan lainnya, adalah temu petani dalam rangka melakukan pendampingan untuk selalu meningkatkan produktivitas pertanian demi mempertahankan swasembada pangan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan untuk membangun sumberdaya manusia agar lebih maju, sejahtera, aman dan nyaman selama 24 jam,”tutur Dandim 0816 Sidoarjo, Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo.

Baca Juga: Ruwat Desa Trompo, Plt Bupati Sidoarjo Subandi Ucap Syukur dan Doa Bersama

Acara launching  ini, dimeriahkan tari Banjar Kemuning oleh siswa Antartika, tarian Barongsai dari perhimpunan Budha, pelepasan burung dara dan penandatangan kesepakatan Launching Sidoarjo Siap 24 Jam atau Memorandum Of Understanding (MOU) masing masing oleh Plt. Sidoarjo, Dandim 0816/Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo, Ketua DPRD Sidoarjo, Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo dan Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo

Untuk acara Minggu (14/7/2024) diadakan kegiatan kerja bakti di wilayah Jabon lanjut Dandim 0816/Sidoarjo,  Danramil Jabon Kapt. Inf.Adi Sarwono siap melaksanakan kegiatan kerja bakti di wilayah teritorialnya yaitu Jabon. 

Kerja bakti minggu akan dimulai dari kantor Koramil jabon dan sekitarnya serta akan dilanjut ke Pulau Lusi dengan dua kapal siap antar menuju pulau Lusi, pulau Lusi kedepan akan semakin prospek sebagai tujuan destinasi wisata bahari, ungkap Danramil Adi Sarwono. Acara ditutup dengan doa serta Dandim 0816/Sidoarjo bersama para undangan beramah tamah di tempat yang telah disediakan. Hik

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU