Pemkot Probolinggo Gelar Job Fair untuk Tekan Angka Pengangguran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 10 Jul 2024 18:50 WIB

Pemkot Probolinggo Gelar Job Fair untuk Tekan Angka Pengangguran

SURABAYAPAGI.COM, Probolinggo - Pemerintah Kota Probolinggo, Jawa Timur berusaha untuk menurunkan angka pengangguran melalui kegiatan bursa kerja atau Job Fair 2024 yang rutin digelar setiap tahun oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Probolinggo Budiono Wirawan dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa sebanyak 31 perusahaan yang ikut dalam Job Fair 2024.

Baca Juga: Disnaker Probolinggo Latih Puluhan Napi Membatik

"Jumlah lowongan yang tersedia pada bursa kerja itu sebanyak 943 lowongan dengan jumlah pencari kerja di Kota Probolinggo hingga triwulan II tahun 2024 berjumlah 565 orang," tuturnya dalam keterangan tertulis di Kota Probolinggo, Rabu (10/7).

Ia berharap, kegiatan bursa kerja itu bisa menurunkan jumlah pengangguran terbuka di Kota Probolinggo yang tercatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tahun 2024 sebesar 4,53 persen dan jumlah itu menurun dari tahun sebelumnya sebesar 4,57 persen.

Baca Juga: Warung Remang-remang di Probolinggo Dibongkar

Masyarakat Kota Probolinggo, lanjutnya, bisa mendapatkan informasi bursa kerja melalui media sosial milik Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Probolinggo.

"Di media sosial kami tersebut ada grup pencari kerja yang diikuti ribuan pencari kerja di Kota Probolinggo. Semoga 565 pencari kerja tersebut bisa masuk dalam lowongan kerja tersebut," katanya.

Baca Juga: Diserang Wabah Ker-ker, Petani Tembakau di Probolinggo Takut Merugi

Sementara Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis mengatakan bursa kerja merupakan salah satu upaya menurunkan angka pengangguran serta memiliki nilai yang penting dan strategis untuk mempercepat penempatan tenaga kerja secara praktis, efisien dan efektif serta membantu pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang diinginkan.

"Saya mengapresiasi kegiatan bursa kerja karena akan mengurangi jumlah pengangguran di Kota Probolinggo. Harapannya, jangan hanya setahun sekali sehingga kesempatan pencari kerja itu peluangnya lebih besar lagi," katanya. Pr-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU