Kapolres Blitar dan Kapolres Blitar Kota Meninjau Lokasi Bencana Erupsi Semeru di Lumajang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 15 Des 2021 16:49 WIB

Kapolres Blitar dan Kapolres Blitar Kota Meninjau Lokasi Bencana Erupsi Semeru di Lumajang

i

Kapolres Blitar dan Kapolres Blitar Kota saat mendatangi lokasi bencana erupsi gunung Semeru. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Kompak, dua pimpinan Polres di Blitar melaksanakan peninjauan lokasi bencana awan panas guguran bencana gunung Semeru di wilayah kab Lumajang Rabu (15/12) pagi. Rombongan yang terdiri dari Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom S.IK, Kapolres Blitar Kota AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan S.IK.M.Si yang di dampingi masing masing PJU nya, juga BPBD Kota Blitar. 

Dalam kunjungannya, rombongan berangkat dari Blitar sekitar pukul 04.00 sesampainya di Lumajang yang sebelumnya singgah di Polres Lumajang dengan didampingi Kapolres Lumajang rombongan menuju sasaran ke Posko Desa Penanggal Kecamatan Candipuro, Balai Desa Penanggal Kec Candipuro serta di  BMKG Gunung Sawur ( PVMBG pusat vulkanologi mitigasi bencana geologi) dan Pos Curah Hujan Curah Kobokan.

Baca Juga: Kapolres Blitar Kota Kunjungi 9 Kecamatan

Selama hampir dua Jam rombongan di lokasi Posko Desa Penanggal kec Candipuro mendapatkan informasi atas terjadinya erupsi oleh petugas di posko.

"Kunjungan ini merupakan kepedulian kita terhadap saudara kita atas musibah erupsi Semeru, sekaligus kita mendapat gambaran atas erupsi G Semeru, wilayah kita (Blitar) juga berada kawasan Gunung Kelud dari ini kita bisa mengevaluasi tentang terjadinya bahaya gunung berapi," terang Kapolres Blitar AKBP Adhitya melalui pesan dari ponselnya.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Blitar: 1 Bus, 2 Sepeda Motor dan 1 Mobil Pikap Ringsek Parah

Kunjungan rombongan dua Kapolres ini bergeser ke Balai Desa Penanggal, disini hampir 1 jam rombongan melakukan dialog dengan anak anak sekolah yang berada di pengungsian desa Penanggal, serta membagikan sumbangan termasuk susu kotak kepada anak anak tersebut.

Baca Juga: Ngakunya Istri Siri Ternyata Akta Nikah Sirinya Palsu

Kunjungan rombongan berakhir di Pos Curah Hujan Kobokan guna meninjau bekas aliran lahar Gunung Semeru, disana rombongan  mendapatkan tambahan informasi mengenai aliran lahar Gunung Semeru, hal tersebut lagi lagi untuk motivasi atas ganasnya aliran lahar, selain cara cara penanggulangan aliran lahar dan tata cara menyampaikan informasi kepada warga sekitar datangnya lahar.

"Di Pos Curah hujan hampir dua jam kita melihat langsung bekas aliran lahar Gunung Semeru, hal ini sekaligus memotivasi untuk pencegahan dan penanggulangan bahaya lahar atas letusan Gunung berapi, wilayah kita Kabupaten dan Kota Blitar juga merupakan wilayah kawasan Gunung Kelud," kali ini jawaban pesan singkat AKBP Yudhi. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU