Maskot Piala Dunia U-20 2023 "Bacuya" Diperkenalkan di Jakarta

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 20 Sep 2022 14:12 WIB

Maskot Piala Dunia U-20 2023 "Bacuya" Diperkenalkan di Jakarta

i

Maskot Piala Dunia U-20 2023 "Bacuya"

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - FIFA bersama dengan PSSI dan Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) telah resmi meluncurkan maskot untuk Piala Dunia U-20 2023 yang bakal digelar di Indonesia saat Car Free Day (CFD) di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Minggu (18/9/2022).

Maskot yang diperkenalkan itu bernama Bacuya, karakter badak Jawa atau badak bercula satu yang mengenakan jersey Timnas Indonesia berwarna merah putih.

Baca Juga: Sambut Piala Dunia U-20, Pemkot Siapkan Wisata di Dekat GBT

Perkenalan Bacuya kepada masyarakat Indonesia itu juga dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali.

"Saya berterima kasih kepada pemerintah, Kementerian Pemuda dan Olahraga, bapak Zainudin Amali karena terus mendukung kami hingga saat ini. Hari ini, maskot Piala Dunia U-20 2023 telah resmi diluncurkan. Namanya yaitu Bacuya, Badak Cula Cahaya," kata Mochamad Iriawan.

Dalam pawai tersebut Bacuya menyita perhatian masyarakat. Menurut Iriawan Bacuya adalah maskot yang masih bernuansa Indonesia.

"Maskotnya masih nuansa Indonesia. Badak bercula adalah hewan khas Indonesia. Logonya juga sudah Indonesia banget," kata Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule.

Pada rilis tersebut juga dijelaskan filosofi Bacuya yang merupakan badak Jawa muda yang sangat pemalu dan pendiam. Terlepas dari karakteristik ini, rasa ingin tahunya memaksanya untuk berlari dengan tabah ke lapangan seperti ingin mencari sesuatu.

Baca Juga: Akses Disabilitas di Stadion GBT Dibenahi Jelang Piala Dunia U-20 2023

Satu yang menarik dari maskot Piala Dunia U-20 2023 itu adalah tanduk Bacuya yang bisa menyala dengan warna-warna baru setiap kali dia sepak bola dengan orang lain.

Pemilihan Bacuya sebagai maskot resmi Piala Dunia U20 2023 juga dinilai sebagai salah satu atensi FIFA untuk menjaga kelestarian eksistensi Badak Jawa di Indonesia.

"Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang berlangsung di Indonesia, peluncuran logo resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini," ucap Jaime Yarza selaku direktur turnamen FIFA.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia U-20 2023, Stadion GBT Surabaya Tidak Boleh Digunakan

Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia rencananya digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang di enam stadion yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno, Gelora Sriwijaya Palembang, Kapten I Wayan Dipta Bali, Manahan Solo, Si Jalak Harupat Bandung, dan Gelora Bung Tomo Surabaya.

"Saya juga ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada delegasi FIFA, karena sudah memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 yang sebelumnya akan dilaksanakan tahun 2021, karena pandemi, dimundurkan menjadi tahun 2023, terima kasih." pungkas Iwan Bule.

"Kita doakan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia bisa terlaksana dengan sukses, lancar, aman, dan terkendali," ucap Iriawan menambahkan. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU