Kemenag Pasuruan: Peringatan Hari Amal Bakti ke-77 Pemacu Sinergi Kolaborasi Tingkatkan Literasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 04 Jan 2023 15:34 WIB

Kemenag Pasuruan: Peringatan Hari Amal Bakti ke-77 Pemacu Sinergi Kolaborasi Tingkatkan Literasi

i

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf saat memimpin upacara Hari Amal bakti ke-77 Kemenag.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Bupati Irsyad Yusuf berharap dalam peringatan Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian Agama (Kemenag) tidak hanya sekedar seremonial saja. Melainkan sebagai momentum bagi Kemenag dan Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk saling meningkatkan kerjasama. Khususnya dalam memaksimalkan kualitas pendidikan.

Disampaikan seusai upacara, Gus Irsyad sapaan Kepala Daerah mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Kabupaten Pasuruan agar lebih mengoptimalkan peran dan tanggungjawabnya sebagai abdi negara. Bersama-sama mengantarkan siswa didik di seluruh Madrasah agar menjadi generasi unggul.

Baca Juga: UPT RSBRW Dinsos Jatim Siap Luluskan Penerima Manfaat dengan Keterampilan Unggul

"Harapan ke depannya untuk Kementerian Agama di Ulang Tahun ke-77, selaku Pemerintah Daerah saya berharap, sinergisitas antara Kementerian Agama bisa lebih erat lagi. Terutama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Pasuruan. Saya ucapkan selamat dan sukses," tuturnya, Rabu (4/1/2023).

Di samping itu, Gus Irsyad mengucapkan rasa terimakasih dan apresiasinya kepada Kemenag Kabupaten Pasuruan atas upaya yang terus dimaksimalkan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hal itu dibuktikan dengan capaian prestasi yang diraih siswa-siswi Madrasah dan ASN di lingkungan Kemenag Kabupaten Pasuruan.

"Terimakasih juga kepada Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan atas kerja sama yang selama ini dibangun bersama Pemerintah Daerah. Utamanya dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Pasuruan melalui sekolah-sekolah yang di bawah naungan Kemenag," ujar Bupati.

Menurut doktor studi Ilmu Lingkungan Universitas Brawijaya dengan predikat Summa Cumlaude tersebut, prestasi yang telah dicapai oleh siswa-siswi Madrasah merupakan kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Sehingga selanjutnya harus lebih ditingkatkan lagi. Tentunya dengan dukungan dan pembinaan penuh dari Kemenag Kabupaten Pasuruan melalui tenaga pendidik di masing-masing Madrasah.

Baca Juga: Bus Jawa Indah Seruduk Pos JPL KAI di Jalan Raya Mangkrengan

"Prestasi yang menjadi kebanggaan kami Kabupaten Pasuruan, prestasi dari anak-anak di Madrasah itu juga menjadi kebanggaan Kabupaten Pasuruan. Apalagi prestasinya luar biasa, bahkan sampai tingkat internasional. Mudah-mudahan ke depan lebih banyak lagi prestasinya," katanya.

Sebaliknya, Pemerintah Kabupaten Pasuruan siap memberikan dukungan penuh kepada para siswa-siswi Madrasah. Sekaligus memberikan ruang diskusi serta motivasi agar selalu berspirit dalam menuntut ilmu dan mendulang prestasi di bidang masing-masing.

Sebelumnya, pada saat membacakan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas dalam peringatan Hari Amal bakti ke-77, Bupati Irsyad mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama untuk terus meningkatkan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya dengan menjadikannya ebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kemenag dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

Baca Juga: Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kab Pasuruan Miliki Aplikasi APIK untuk Akses UMKM

Melalui tagline "Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat", sudah sepatutnya seluruh ASN Kemenag menjadi pelopor di masyarakat dalam menjaga kerukunan yang sangat fluktuatif dan dinamis. Terlebih menjelang Pemilu 2024.

"Sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Di tahun politik ini, potensi terjadi ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda, tetap saja ada. Politisasi agama makin sering dilakukan untuk meraih efek elektoral. Karenanya, keluarga besar Kemenag bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai," ajak Bupati kepada seluruh peserta upacara dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti ke-77.

"Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kemenag dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kemenag. Selamat memperingati Hari Amal Bakti ke-77. Semoga Kemenag terus jaya serta menjadi oase dan pelayan masyarakat yang terbaik," tandas Kepala Daerah. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU