Home / Peristiwa : Kopda Mengevakuasi Kapolda Jambi dengan Berani

Kapolri Jabat Erat Prajurit Kopasgat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 22 Feb 2023 20:15 WIB

Kapolri Jabat Erat Prajurit Kopasgat

i

Kopda Ahmad Nofrizal ditemui langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit setelah berhasil mengevakuasi Kapolda Jambi dan lima anggota Polri yang menjadi korban helikopter mendarat darurat di hutan Kerinci.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi keberanian prajurit TNI yang ikut evakuasi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan. Irjen Rusdi, mengalami kecelakaan saat mendarat darurat di hutan Kerinci. Kapolri Jenderal Sigit, Rabu (21/2/2023) nemui tim SAR gabungan untuk menyampaikan langsung rasa terima kasihnya.

 

Baca Juga: Hantam Pohon, Pengendara di Jombang Tewas

JAMBI, Kontributor Arman Kemas

 

Momen pertemuan itu terjadi di Bandara Sultan Thaha, Jambi. Dengan wajah semringah, Kapolri menyalami satu per satu perwakilan tim SAR gabungan, baik itu dari Basarnas, TNI, BMKG, Polri, dan lainnya.

 

Jabat Erat Prajurit Kopasgat

Kapolri menjabat erat tangan Kopda Ahmad Nofrizal, prajurit Batalyon Komando 462 Kopasgat Pekanbaru. Dia adalah sosok prajurit TNI yang viral berputar-putar di udara saat memegang erat dragbar yang mengangkut Irjen Rusdi Hartono dalam ke helikopter.

Proses evakuasi menggunakan helikopter tersebut berlangsung dramatis.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan kepada tim SAR.

Proses evakuasi Kapolda Jambi dan rombongan dilakukan sejak Senin (20/2), lewat jalur darat maupun udara.

Sigit juga menyalami Komandan Batalyon Komando 462 Kopasgat Letkol Pas Muhammad Junaidi yang memimpin langsung proses evakuasi Irjen Rusdi Hartono. Sigit memberikan hormat dan mengacungkan jempolnya kepada Letkol Muhammad Junaidi.

Baca Juga: Diduga Rem Blong, Bus Mira Tabrak Truk Muatan Ayam dan Pikap di Jombang, 2 Orang Tewas

 

Prajurit TNI Pegang Tandu

Pada proses evakuasi Irjen Rusdi menggunakan tandu, terdapat seorang personel TNI yang ikut naik. Prajurit TNI tersebut memegang dan menjaga tandu Irjen Rusdi saat diangkat ke udara.

Momen itu terekam dalam video yang diunggah di akun Instagram Polda Jambi. Tampak prajurit TNI bersama tandu berputar semakin kencang saat semakin tinggi.

Terungkap penyebab tandu tersebut berputar saat proses evakuasi menggunakan helikopter. Penyebabnya diungkap oleh TNI AU melaui akun instagramnya.

 

Baca Juga: Hindari Mobil Pickup, Bus Trans Jatim Terguling di Dawarblandong Mojokerto

Keterangan Penerangan Kopasgat TNI

"Karena kondisi Kapolda mengalami cedera sehingga posisinya harus agak miring yang mengakibatkan dragbar tidak bisa balance sehingga dragbar bersama tim evakuasi dari Yonko 462 Kopasgat pada saat dinaikkan ke heli mengalami twist (berputar)," demikian keterangan dari Penerangan Kopasgat TNI AU dalam postingan di akun Instagram @kopasgat_tniau, Selasa (21/2/2023).

"Saya tentunya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh tim yang tergabung dalam penyelamatan," kata Jenderal Sigit dalam jumpa pers di RS Bhayangkara Jambi, Selasa (21/2/2023).

Kopda Ahmad Nofrizal, adalah sosok prajurit TNI yang viral berputar-putar di udara saat memegang erat dragbar yang mengangkut Irjen Rusdi Hartono dalam ke helikopter.

Sosok prajurit TNI yang memegang erat dragbar atau tandu yang mengangkut Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono ke dalam helikopter Super Puma viral di media sosial (medsos). Aksi evakuasi itu berlangsung dramatis dan menegangkan karena dragbar sempat berputar-putar di udara.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi keberanian prajurit TNI tersebut, juga seluruh tim SAR gabungan dalam proses evakuasi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan yang mengalami kecelakaan saat mendarat darurat di hutan Kerinci. n amr/erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU