Antisipasi Ancaman Bencana, Polres Batu Gelar Latihan Mitigasi Bencana dan PPGD

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Mar 2023 11:40 WIB

Antisipasi Ancaman Bencana, Polres Batu Gelar Latihan Mitigasi Bencana dan PPGD

i

Latihan mitigasi bencana atau PPGD tahun 2023 di Lapangan Mapolres Batu, Jum’at (17/03/2023). Foto: SP/Ariandi.

SURABAYAPAGI.COM, Batu – Polres Batu menyelenggarakan kegiatan latihan mitigasi bencana dan Penanggulangan Penderita Gawat Darurat (PPGD) tahun 2023 di Lapangan Mapolres Batu, Jum’at (17/03/2023). Hal tersebut guna menghadapi ancaman bencana yang kerap terjadi di wilayah Kota Batu dan sekitarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, semua Bhabinkamtibmas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI, Tagana, Satkamling, Pemadam Kebakaran dan beberapa perwakilan organisasi masyarakat (Ormas).

Baca Juga: Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Dibuka Kembali

Selain itu, turut hadir Kakor Binmas Baharkam Polri Irjen Harry Sudwiyanto dengan didampingi oleh Kasubdit Bhabinkamtibmas Korbinmas Kombes Pol Tatar, Dir Binmas Polda Jatim Kombes Pol Asep Rosady, Kasubdit Binsatpam Polsus Ditbinmas Polda Jatim Akbp Sutiono.

Dalam kesempatan itu, Irjen Harry Sudwiyanto mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Polres Batu dalam mengatisipasi terjadinya bencana alam guna dilakukan langkah cepat dalam pengkajian dan penanganan.

“Saya sangat bangga, dengan apa yang dilakukan oleh Polres Batu khususnya di bidang penanganan Bencana alam, sudah sangat kompak dan terpadu," kata Irjen Harry, Jum’at (17/3/2023).

Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa saat ini koordinasi Polres Batu dengan Pemerintah serta seluruh lapisan masyarakat terjalin begitu harmonis.

Selanjutnya, Irjen Harry juga menyempatkan diri mengecek peralatan darurat yang dimiliki oleh Dinas PMK Kota Batu dalam mendukung tugas - tugas kemanusiaan demi menyelamatkan nyawa manusia.

Baca Juga: Pengedar Sabu Diringkus, Diduga Sering Beroperasi di Kota Wisata Batu

“Kegiatan positif ini saya minta untuk dibuatkan SOP nya sehingga nanti akan kami adakan lomba ke jajaran seluruh wilayah dalam penanganan bencana khususnya pada PPGD ketika terjadi musibah," ujarnya.

Sementara itu, Dir Binmas Polda Jatim Kombes Asep Rosady juga sangat mendukung langkah cepat yang digagas oleh Polres Batu tersebut, Kombes Asep menilai hal tersebut sebagai bentuk tanggung jawab prima Polri dalam melayani masyarakat, khususnya ketika terjadi bencana alam.

“Kita mendukung sekali kegiatan yang dilaksanakan ini, pentingnya melakukan pelatihan dalam menanggulangi bencana alam bagi wilayah yang rawan bencana alam sebagai langkah antisipasi jika sewaktu waktu terjadi," tutur Kombes Asep.

Baca Juga: Go International, 3.500 Tanaman Hias Song of India Diekspor ke China

Terlebih lagi Kota Batu, lanjut Kombes Asep, didominasi oleh kawasan perbukitan yang rawan sekali terjadinya longsor seperti yang terjadi beberapa minggu lalu di Kecamatan Pujon, Ngantang dan Kasembon.

Di samping itu, Kombes Pol Asep juga menekankan kepada semua pihak agar berperan serta dalam menjaga kamtibmas dan waspada terhadap terjadinya bencana alam.

"Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan di Masyarakat harus bisa melaksanakan PPGD mengingat kejadian darurat dapat kita temui sewaktu - waktu ketika kita melaksanakan dinas," pungkasnya. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU