Tuban, Diguncang Gempa 6,6 M

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 14 Apr 2023 19:51 WIB

Tuban, Diguncang Gempa 6,6 M

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Tuban, diguncang gempa, tapi gempa magnitudo (M) 6,6 yang terjadi pada pukul 16.55 WIB, diramal oleh BMKG tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. "Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG di situs resminya, Jumat (14/4/2023).

Koordinat gempa 6,29 LS - 111,92 BT atau 68 km barat laut Tuban. "Kedalaman 632 km," tulis BMKG. Getaran gempa terasa sampai Surabaya.

Baca Juga: Pemprov Jatim Siap Bantu Rekonstruksi Bangunan Terdampak Gempa

Daryono Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG melalui keterangan tertulis menyatakan bahwa gempa bumi yang merupakan jenis gempa bumi dalam ini terjadi akibat adanya aktivitas deformasi slab pull pada lempeng Indo-Australia, yang tersubduksi menurun hingga di bawah Laut Jawa.

Gempa bumi ini dirasakan cukup kuat oleh hampir semua penduduk di daerah Kuta dengan skala intensitas V MMI.

Baca Juga: Khofifah Jeli Amati Video Hoaks Gempa di Tuban

Juga dirasakan banyak orang di dalam rumah di daerah Karangkates, Trenggalek, Gianyar, Tulungagung, Trengalek, Nganjuk, Pacitan, Kediri, Tuban, Garut, Mataram dengan skala intensitas IV MMI

BMKG memastikan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Pastikan Bantuan Logistik hingga Trauma Healing Terpenuhi

Mamuri, Kepala BMKG Pandaan menambahkan, gempa susulan terjadi pada pukul 17:37 WIB di Laut Jawa, tepatnya 85 kilometer Timur Laut Bangkalan Jawa Timur. Terletak pada koordinat 6.27° LS ; 112.94° BT dnegan kedalaman 600 kilometer. n rmc

Editor : Moch Ilham

Tag :

BERITA TERBARU