Idul Adha Baru Bulan Depan, Harga Telur dan Ayam di Gresik Melonjak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 29 Mei 2023 14:01 WIB

Idul Adha Baru Bulan Depan, Harga Telur dan Ayam di Gresik Melonjak

i

Foto ilustrasi. Foto: Diskominfo Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Gresik – Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional Gresik terpantau mulai mengalami kenaikan. Padahal Hari Raya Kurban Idul Adha baru sebulan lagi. Kenaikan terutama terlihat pada komoditas daging ayam dan telur.

Salah satunya seperti di Pasar Baru Gresik, harga ayam potong berkisar antara Rp38.000 sampai Rp40.000 per kilogram (kg). Padahal sebelumnya, harga daging ayam masih Rp36.000 per kh. Selain itu, harga telur juga melonjak dari Rp 28.000 menjadi Rp 30.000 per kg.

Baca Juga: Desa Pandu Cerme Kembali Revitalisasi Irigasi Sepanjang 80 meter

Meski ada kenaikan tipis, tetapi para pembeli terpaksa mulai berhitung. Kenaikan harga kedua komoditas tersebut mulai berdampak pada berkurangnya pembelian oleh pelanggan.

Beberapa pedagang mengakui bahwa sejumlah pelanggan sudah mengurangi jumlah pembelian. Sehingga, para pedagang tidak bisa kulakan atau menjual dalam jumlah banyak.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Terus Dorong Kemajuan Pertanian dan Industri Kimia yang Berkelanjutan

“Ada kenaikan harga harga ayam dan telur. Harga telur sudah ada penurunan dibandingkan hari sebelumnya, tetapi masih mahal,” kata Ketua Paguguban Pasar Baru Gresik Edy Khumaidi, Minggu (28/5/2023).

Edy menuturkan, selain dua komoditas itu, harga beberapa kebutuhan pokok juga naik. Seperti harga beras termurah sekitar Rp 11.000 hingga Rp 13.000 per kg. Menurutnya, hal ini terjadi karena saat ini telah memasuki momen menjelang hari raya kurban Idul Adha.

Baca Juga: Sandiaga Ajak Komunitas Kreatif di Gresik Garap Potensi Parekraf Setempat

Ia pun berharap harga sejumlah komoditas tersebut segera normal kembali.

“Kalau bisa, harga sembako segera normal kembali sebelum hari raya Idul Adha yang kurang satu bulan lagi,” harapnya. gk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU