Dinas Perdagangan Kota Madiun Tinjau Stok Bahan Pangan di Toko Swalayan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 25 Jun 2023 13:08 WIB

Dinas Perdagangan Kota Madiun Tinjau Stok Bahan Pangan di Toko Swalayan

i

Petugas Dinas Perdagangan saat memantau stok dan harga bahan pangan di salah satu toko swalayan di Kota Madiun. Foto: Diskominfo Kota Madiun.

SURABAYAPAGI.COM, Madiun – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melalui Dinas Perdagangan Kota Madiun bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) setempat melakukan pemantauan stok sejumlah bahan pangan di toko swalayan.

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan dalam kondisi aman menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Baca Juga: Pedagang Pasar Kawak Tempati Lokasi Relokasi yang Disiapkan Pemkot

Analis Perdagangan Ahli Muda Dinas Perdagangan Kota Madiun, Tri Prasetyaningrum mengungkapkan, berdasarkan pemantauan timnya selama beberapa hari terakhir, baik di pasar tradisional dan pasar modern, stok bahan kebutuhan pokok maupun harga cukup terkendali.

"Saat ini stok aman. Demikian juga dengan harga di pasaran terpantau stabil," kata Tri di Madiun, Jumat (23/6/2023).

Berdasarkan hasil pemantauannya, ketersediaan komoditas gula pasir, beras, maupun minyak goreng saat ini melimpah. Bahkan, harganya juga cukup stabil tanpa ada kenaikan signifikan.

Selain itu, sejumlah komoditas juga terpantau mengalami penurunan harga seperti cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih.

Baca Juga: Petugas Gabungan Kota Madiun Masih Temukan Penyalahgunaan Elpiji 3 Kg

Kendati demikian, untuk harga telur ayam ras naik sedikit dari harga acuan penjualan (HAP) telur yang ditetapkan yakni sebesar Rp27 ribu per kilogram (kg) secara nasional.

"Hasil pantauan di pasaran, baik tradisional maupun modern, masih ada yang menjual Rp28.000 sampai Rp28.500 per kilogram," ujarnya.

Tri menegaskan bahwa pemantauan stok dan pergerakan harga akan tetap dilaksanakan. Terutama, menjelang hari raya keagamaan, seperti Hari Raya Idul Adha. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi gejolak di lapangan sekaligus mengendalikan laju inflasi.

Baca Juga: Renovasi Bangunan, Pedagang Pasar Kawak Kota Madiun Direlokasi

Lebih lanjut, TPID Kota Madiun juga terus berupaya mengantisipasi jika terjadi lonjakan tak terduga dengan menyiapkan sejumlah strategi pengendalian harga di pasaran. Maka dari itu, masyarakat diimbau agar tak perlu khawatir terkait stok dan harga bahan pangan.

"Kami mengimbau masyarakat jangan khawatir terkait stok dan harga, karena kami akan terus melakukan pemantauan dan pengecekan di lapangan agar harganya stabil dan stoknya aman," tutupnya. mdn

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU