Harga Telur Ayam Ras di Sumenep Kembali Melonjak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 10 Jul 2023 14:21 WIB

Harga Telur Ayam Ras di Sumenep Kembali Melonjak

i

Diskop UKM dan Perindag Kabupaten Sumenep.

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Harga komoditas telur ayam ras di pasar tradisional Kabupaten Sumenep kembali melonjak pada awal pekan ini. Pada pekan ini, harga telur ayam ras berada di angka Rp32 ribu per kilogram (kg) usai bertahan di harga Rp30 ribu per kg dalam beberapa pekan terakhir.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM dan Perindag) Kabupaten Sumenep, Noer Lisal Anbiyah mengatakan bahwa kenaikan harga telur ayam ras merupakan imbas dari tingginya harga pakan ayam.

Baca Juga: Pertengahan Ramadhan, Harga Sembako di Pasar Tradisional Mulai Berangsur Landai

“Naiknya harga pakan ayam ini sebenarnya sudah terasa sejak bulan lalu. Sampai sekarang, harga pakan belum turun. Terutama konsentrat. Ini yang menyebabkan harga telur ayam ras jadi mahal,” jelas, Noer Lisal Anbiyah di sumenep, Senin (10/7/2023).

Sementara untuk harga telur ayam kampung masih relatif stabil di angka Rp48 ribu per kg.

“Jenis pakan ayam petelur dan ayam kampung kan beda. Ayam kampung tidak perlu konsentrat. Jadi naiknya harga konsentrat ini tidak berpengaruh terhadap harga telur ayam kampung,” ungkapnya.

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas cabai rawit. Harga cabai rawit pada awak pekan ini mencapai mencapai Rp28 ribu per kg, naik Rp3.000 jika dibanding pekan lalu yang tercatat sebesar Rp25 ribu per kg.

Kondisi sebaliknya dialami oleh komoditas cabai merah besar. Harga cabai merah besar merosot tajam hingga di angka Rp30 ribu per kg pada pekan ini. Dimana pada pekan lalu harganya mencapai Rp35 ribu per kg.

Baca Juga: Aktivis Praja Sumenep Demo Soroti Peredaran Minol

“Harga cabai memang sangat fluktuatif, bergantung stok. Perubahan harganya bisa per hari. Kisaran naik turunnya antara Rp1.000-5.000 per kg,” ujarnya.

Selain itu, komoditas bawang mengalami penurunan harga pada pekan ini. Baik untuk bawang merah maupun bawang putih.

 “Untuk harga bawang merah pekan ini Rp30 ribu turun cukup drastis dibanding pekan lalu Rp37 ribu per kg. Sedangkan harga bawang putih pekan ini Rp38 ribu, turun Rp2.000 per kg dibanding pekan lalu,” jelasnya.

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

Kemudian, harga komoditas daging masih tergolong stabil. Secara rinci, harga daging ayam kampung berkisar di angka Rp90 ribu per kg dan daging sapi Rp120 ribu per kg. Sedangkan untuk harga beras kualitas premium stabil Rp13 ribu per kg, dan untuk beras kualitas medium Rp10.600 per kg.

“Untuk harga minyak goreng kemasan juga stabil. Kemasan 2 liter tetap Rp40 ribu, dan minyak goreng curah Rp16 ribu per kg. Harga gula pasir juga stabil Rp14 ribu per kg,” terangnya.

Ia menuturkan bahwa Diskop UKM dan Perindag Kabupaten Sumenep melakukan pemantauan harga sembako secara rutin di Pasar Anom baru sebagai pasar induk, dan Pasar Bangkal sebagai pembanding. smn

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU