Home / Peristiwa : Rapat Dinas Jajaran Lapas Mojokerto

Kalapas Tekankan Implementasi Kunci Pemasyarakatan Maju 3 Plus 1

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 17 Jul 2023 19:34 WIB

Kalapas Tekankan Implementasi Kunci Pemasyarakatan Maju 3 Plus 1

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto  – Puluhan petugas Lapas Mojokerto Kanwil Kemenkumham Jatim mengikuti rapat dinas serta penguatan oleh Kalapas Mojokerto, Senin (17/7/2023) pagi.

Rapat ini digelar sebagai forum komunikasi jajaran lapas mojokerto dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sehari-hari.

Baca Juga: Ratusan WBP Lapas Mojokerto Terima Remisi Khusus Idul Fitri

Usai dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan pembacaan doa, Dedy Cahyadi Kalapas mojokerto berikan penguatan tugas pokok dan fungsi pemasyarakatan dengan mengutip UU No 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan, pasal demi pasal dibedah untuk merefresh kembali para jajaran.

Lebih lanjut kalapas menjelaskan bahwa Kunci Pemasyarakatan Maju 3+1, yaitu deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, pemberantasan peredaran gelap narkoba,  sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.

"Dan ditambah dengan Back to Basics, mengembalikan tugas dan fungsi pemasyarakatan sebagaimana mestinya menjadi senjata utama pemasyarakatan khususnya lapas mojokerto dalam memerangi HP, pungli dan narkoba (HALINAR)," terangnya.

Baca Juga: Perencanaan Anggaran Semester 1 Tahun 2023, Lapas Mojokerto Sabet Penghargaan Nilai Terbaik

Secara detail, juga dijelaskan bahwa akar masalah dari banyak pelanggaran di lapas adalah alat komunikasi ilegal (hp).

“Untuk bisa dipahami semua jajaran , yang mana menjadi evaluasi pimpinan di pusat pada tataran middle dan low pada satuan kerja yg masih menjadi titik potensi terjadinya penyimpangan ataupun kelemahan kelemahan dalam penanganan hal tsb” tegas Dedy.

Setiap Kasi, Kasubsi, Karupam hingga pelaksana di lapangan diperintah Kalapas untuk bergantian menyampaikan kondisi saat bertugas di lapangan. Diskusi pun berlangsung dengan tetap mengedepankan tujuan bersama yakni pemasyarakatan yang maju.

Baca Juga: Pelatihan Kemandirian Jasa Boga Lapas Mojokerto, Warga Binaan Hasilkan Makanan Lezat Siap Dipasarkan

Beberapa poin yang dibahas antara lain terkait himbauan dan peringatan kepada petugas untuk tetap berintegritas serta memerangi HALINAR, penggunaan seragam baru pada bulan agustus, kesiapan panitia HDKD, persiapan festival Band WBP, optimalisasi sektor perawatan khususnya dapur, sarana prasarana penjagaan serta optimalisasi pelayanan kunjungan tatap muka.

Di akhir rapat dinas Kalapas menyampaikan bahwa rapat dinas ini merupakan upaya menyamakan persepsi jajaran dalam melaksanakan tugas.

“Dengan persepsi yang sama yakni mewujudkan 3+1 kunci pemasyarakatan maju, kita akan dapat melaksanakan tugas dengan optimal dan tentunya warga binaan dan Masyarakat juga akan mendapatkan pelayanan dengan kualitas terbaik” tutupnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU