Pemkot Surabaya Ajak Koperasi Entas Kemiskinan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 23 Jul 2023 14:12 WIB

Pemkot Surabaya Ajak Koperasi Entas Kemiskinan

i

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Sabtu (22/7/2023). Foto: Pemkot Surabaya.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Meramaikan puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76 tahun 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar sejumlah rangkaian acara di halaman Balai Kota Surabaya, Sabtu (22/7/2023).

Sejumlah rangkaian acara itu, terdiri dari jalan sehat, senam, bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga pemberian penghargaan kepada 14 koperasi berprestasi. Selain itu, juga disuguhkan hiburan seperti kesenian tarian, band, angklung hingga musik jalanan.

Baca Juga: Museum Surabaya Tampilkan Peran Penting Wanita dalam Sejarah Kota Pahlawan

Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya Rini Indriyani, Forkopimda dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemkot Surabaya.

"Seperti kita ketahui bahwa pergerakan ekonomi itu didasari dengan UMKM yang ada di koperasi. Kalau koperasi ini hadir terus, kalau koperasi ini memberikan yang terbaik, maka perekonomian yang bergerak di Surabaya akan jauh lebih baik dari pada hari ini," kata Eri.

Oleh sebab itu, Eri menyampaikan ucapan selamat  kepada seluruh koperasi berprestasi di Surabaya yang telah menerima penghargaan dan apresiasi. Menurutnya, hal ini menunjukkan jika koperasi tidak boleh berhenti, tetapi harus terus bergerak membuat inovasi yang terbaik.

"Karena kekuatan ekonomi Surabaya ini ada di tangan koperasi. Matur nuwun (terima kasih) untuk seluruh koperasi yang ada di Kota Surabaya. Tetap semangat, tetap terus bergerak untuk kepentingan umat yang lebih besar lagi di Kota Surabaya," ucapnya.

Tak hanya itu, ia juga berharap di tahun depan, koperasi di Kota Surabaya anggotanya dapat semakin banyak. Lebih dari itu, koperasi diharapkannya pula dapat semakin memakmurkan masyarakat di Surabaya dengan pergerakannya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Tetapkan Pembebasan dan Keringanan PBB untuk Tahun 2024

"Mungkin ke depan, Kepala Dinas Koperasi bisa disinergikan dengan kegiatan-kegiatan Pemkot Surabaya, untuk bergerak mengentas kemiskinan. Kalau itu bisa dilakukan sinergi dengan koperasi, saya yakin, kemiskinan, pengangguran di Kota Surabaya itu bisa diatasi," ujarnya.

Lebih lanjut, Eri memberi contoh  bentuk sinergi yang bisa dilakukan Pemkot Surabaya dengan koperasi. Misalnya, dalam pembuatan sepatu, pemkot langsung menjalin kerjasama dengan pihak koperasi dan bukan pengusaha atau pembuatnya.

"Saya yakin ketika itu bisa dilakukan, maka secara otomatis pengurangan pengangguran, pengurangan kemiskinan bisa dilakukan di Kota Surabaya. Matur nuwun (terima kasih), sukses selalu untuk koperasi yang ada di Surabaya. Selamat Hari Koperasi Nasional tahun 2023," ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kota Surabaya, Dewi Soeriyawati mengatakan bahwa Harkopnas di tahun ini mengusung tagline 'Bangga Berkoperasi Indonesia Maju'.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit di Surabaya Naik Drastis, Tembus Rp 95 Ribu per Kg

"Rangkaian puncak acara dilaksanakan dengan jalan sehat, bazar UMKM, yang diikuti 34 koperasi dan 6 PD dari Pemkot Surabaya. Serta penyerahan penghargaan kepada 14 koperasi terbaik," ujar Dewi.

Dewi menuturkan bahwa ke-14 koperasi terbaik yang menerima penghargaan tersebut, sebelumnya telah melalui tahapan penilaian. Tahapan penilaian itu diikuti sebanyak 2.005 koperasi yang ada di Kota Pahlawan.

"Dimana penilaian berdasarkan predikat sehat dan cukup sehat, dan terpilih 150 koperasi. Untuk selanjutnya, penilaian terakhir, dengan penilaian kompetensi terhadap pengurus terpilih 14 koperasi," pungkasnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU