Yunus Susanto, SH Aklamasi Terpilih Jadi Ketua DPC Peradi Sidoarjo Periode 2023-2028

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 07 Agu 2023 09:24 WIB

Yunus Susanto, SH Aklamasi Terpilih Jadi Ketua DPC Peradi Sidoarjo Periode 2023-2028

i

Yunus Susanto, SH secara aklamasi terpilih jadi Ketua DPC Peradi periode 2023-2028. Menggantikan Bambang Sutjipto, SH.M.Hum. SP/ Hikmah

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo -  Yunus Susanto, SH secara aklamasi terpilih jadi Ketua DPC Peradi periode 2023-2028. Menggantikan Bambang Soetjipto, SH.M.Hum ketua lama yang sudah dua periode menjabat sehingga sesuai dengan AD/ART DPC Peradi sudah tidak bisa ikut lagi calin lagi.

Yunus Susanto, SH berhasil menduduki kursi ketua Peradi Sidoarjo pada acara Musyawarah Cabang lll DPC Peradi Sidoarjo di Gedung Heritage Of Handayani Kahuripan Nirwana Village Sidoarjo, Sabtu (05/08/2023).

Baca Juga: Jaga Kekompakan, AJS Gelar Halal Bihalal

"Berdasarkan Muscab III DPC Peradi Sidoarjo sudah terpilih secara aklamasi Saudara Yunus Susanto, SH dengan perolehan suara 115 suara unggul di Ari Sutikno SH yakni 71 suara dan Andry Ermawan SH dapat 28 suara, sehingga sebagai Ketua DPC Peradi Sidoarjo Periode 2023-2028 adalah Yunus Susanto SH," kata pimpinan sidang, sambil mengetuk palu sidang pada Muscab Peradi Sidoarjo 2023, disambut tepuk tangan peserta Muscab III. 

Sebelum mekanisme aklamasi, terdapat 3 kandidat calon yang mendaftar sebagai calon ketua Peradi Sidoarjo yakni Yunus Susanto. SH,  Andry Ermawan, SH dan Ari Sutikno, SH.

Namun dalam proses verifikasi lanjutan, Andry dan Ari Sutikno, SH dinyatakan kalah dalam menjaring suara pemilih dari dua ratusan para anggota Peradi yang hadir sehingga keduanya belum memenuhi syarat sebagai ketua Peradi DPC Sidoarjo.

Jalan yang ditempuh dalam dinamika Muscab lll Peradi Sidoarjo, sangat luar biasa, meski di awal para anggota Peradi silang saling mendukung kandidat yang diusungnya, namun berlangsung tertib dan damai  serta  perolehan suara sangat terbuka. 

Dari perhitungan suara tertinggi yakni 115 suara, satu orang calon, Yakni Yunus Susanto, SH dan peserta Muscab sepakat secara aklamasi menetapkan Yunus untuk memimpin organisasi sebagai ketua baru DPC Peradi Sidoarjo untuk periode pertamanya  lima tahun ke depan (2023-2028). 

Baca Juga: Warga Sidoarjo Minta KPK Segera Tahan Gus Muhdlor

Yunus Susanto, SH menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan siap menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya karena terpilih dirinya sebagai ketua Peradi adalah perjuangan para anggota DPC Peradi Sidoarjo.

"Yang pasti saya akan bekerja sekuat tenaga, lebih maksimal lagi, lebih fokus lagi untuk memajukan organisasi dan anggota. Saya ucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan temen-teman anggota Peradi Sidoarjo. Kami akan lanjutkan yang terbaik dari kepemimpinan kami sebelumnya sambil berusaha lebih baik lagi kedepannya," ungkap Yunus.

Lebih jauh Yunus memaparkan, langka pertama rencananya akan merenovasi gedung kantor Peradi sebagai aset yang telah dibeli oleh kepengurusan yang lama, kemudian secara umum juga akan melanjutkan program-program yang telah ditetapkan oleh kepengurusan Peradi lama. 

Secara khusus pihaknya akan membangun sumber daya manusia bagi para anggota Peradi Sidoarjo, untuk menuju profesionalisme advokat di Sidoarjo lebih maju dan bermartabat.

Baca Juga: H-2 Lebaran, Volume Sampah di TPA Jabon Naik Hampir 100 %

Bagi Yunus tantangan profesi advokat ke depan tidak ringan dan karena itu butuh advokat handal yang memiliki kompetensi, baik pengetahuan maupun dari sisi integritas. Ia ambil contoh soal pengembangan kapasitas anggota dengan penguasaan ilmu tertentu yang spesifik sesuai kebutuhan dan perkembangan.

"Dunia terus berubah dan berkembang maka profesi advokat juga harus maju.

Salah satu hal lagi yang akan diperjuangkan adalah upaya Peradi Sidoarjo untuk membangun organisasi profesi advokat secara sangat profesional.

"Kita harus kembalikan marwah advokat agar lebih bermartabat," tutup Yunus. Hdk/hik

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU