KADIN Jatim Bakal Permudah Perijinan UMKM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 13 Agu 2023 16:02 WIB

KADIN Jatim Bakal Permudah Perijinan UMKM

i

KADIN Jawa Timur.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Timur (Jatim) turut ambil peran dalam mengembangkan usaha mikro, kecil, dan mikro (UMKM) di wilayah setempat. Salah satunya dilakukan dengam menggelar kegiatan sosialisasi dan sharing session kegiatan perijinan penggunaan produk UMKM dalam negeri, dalam acara K-UKM Expo 2023.

Acara yang diselenggarakan di gedung Grand City Surabaya pada Sabtu (12/8/2023) itu bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam memperoleh izin usahanya.

Baca Juga: Rusia Jalin Komitmen Perdagangan dengan Jatim

Kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan pelaku UMKM, serta para stake holder, seperti AKBP Khoirul Anam, Kasubdit 2 Ditintelkam, Idris Yahya, Waketum Kadin Jatim bidang UMKM.

Waketum Kadin Jatim Idris Yahya mengatakan bahwa acara ini digelar dengan tujuan untuk mendukung iklim usaha para pelaku UMKM yang kini terus bertumbuh, serta mengenalkan regulasi aturan dan perijinan yang harus di tempuh oleh UMKM dalam melaksanakan usahanya.

"Agenda ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Jawa Timur, serta memperkenalkan peraturan yang mengatur kegiatan UMKM, seperti PIR, BPOM, dan sertifikasi halal yang harus dimiliki oleh pelaku usaha," kata Idris Yahya, Sabtu (12/8/2023).

Baca Juga: Kadin Jatim Gandeng Gubernur Narathiwat Kembangkan Produksi Durian

Idris menuturkan bahwa Kadin Jatim akan segera membuat MoU dengan Polda Jatim dalam waktu dekat. Hal itu untuk mempermudah pengurusan ijin usaha bagi para pelaku UMKM.

“Ini kesempatan yang bagus, karena Polri sedang melakukan jemput bola guna membantu pengurusan ijin, agar UMKM bisa naik kelas, agar bisa merambah ke bisnis ekspor dan impor,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubdit 2 Ditintelkam, AKBP Khoirul Anam menyampaikan bahwa pihaknya diundang untuk melakukan pendampingan UMKM dalam urusan perizinan serta memastikan kemudahan perizinan usaha UMKM dapat terus berkembang.

Baca Juga: Kadin Ajak Dubes Ceko Berinvestasi di Jatim

“Kami diperintahkan untuk melakukan pendampingan dalam mengurus ijin usaha, terutama untuk mengkomunikasikan dengan dinas terkait,” ujar Khoirul.

Khoirul menegaskan bahwa polisi akan terus membantu kemajuan UMKM, agar pelaku UMKM yang kesulitan dalam perijinan dapat terbantu untuk mengkomunikasikan dengan dinas terkait. s-01/cha

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU