Bulog Salurkan Beras Medium 5 Kg, Seharga Rp 47.000

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 28 Agu 2023 20:54 WIB

Bulog Salurkan Beras Medium 5 Kg, Seharga Rp 47.000

i

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso dan Bapanas melakukan "Grebek Pasar". Aksi itu dalam rangka monitoring ketersediaan stok beras.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Bulog mendapatkan penugasan menyalurkan beras medium yang diklaim setara premium. Dan harga beras dari Bulog sebesar 5 kilogram (kg) seharga Rp 47.000, sementra jika per kilogramnya Rp 9.450/kg.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkap untuk beras premium sendiri saja sudah mengalami kenaikan yang cukup tinggi yakni hingga Rp 17.000/kg.

Baca Juga: Penyerapan Beras dalam Negeri Belum Optimal, Bulog: Kita Sangat Andalkan Impor

Padahal berdasarkan aturan harga eceran tertinggi (HET) beras premium sebesar Rp 13.900/kg. Aturan tersebut tertuang di Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 7 Tahun 2023 tentang Harga Eceran Tertinggi Beras.

Pria yang akrab disapa Buwas mengungkap harga beras naik setelah melakukan sidak ke pasar Perumnas Klender. Dalam sidak itu dia bertanya kepada pedagang terkait harga beras premiun saat ini.

"Jadi beras premium mahal sudah di atas 13.000. Sekarang ini kita lihat sendiri beras premium sampai ada yang Rp 16.000 sampai Rp 17.000," ujarnya di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur, Senin (28/8/2023).

Baca Juga: Ngabuburit di 'Kebon Ramadhan' KBS: Berburu Jajanan Takjil hingga Sembako BULOG

 

Harga Beras Naik

Baca Juga: Tata Kelola Beras Amburadul

Namun, Bulog tidak lagi menjual beras secara eceran karena untuk menghindari pengoplosan. Beras Bulog yang disalurkan ini masuk dalam program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengakui bahwa saat ini harga beras tengah mengalami kenaikan. Kenaikan ini disebabkan karena produksi padi yang menurun sehingga harga gabah yang naik.n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU