Home / Peristiwa : Jatim Juara 3 Diajang POPNAS XVI

Kadispora Ali Kuncoro: Sedikit Kurang Beruntung

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 04 Sep 2023 17:50 WIB

Kadispora Ali Kuncoro: Sedikit Kurang Beruntung

i

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Timur bangga atas prestasi yang diraih oleh pemuda/pemudi Jatim dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional XVI 2023 yang diadakan di Sumatera Selatan. SP/Dokumentasi Dispora Provinsi Jatim

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Sumatera Selatan 2023 telah rampung diselenggarakan di Kota Palembang.

Seperti yang diketahui, acara yang diikuti para atlet muda khususnya pelajar dari seluruh daerah di Indonesia itu digelar sejak 26 Agustus hingga 4 September 2023.

Baca Juga: Malam Ini, Kota Mojokerto Bakal Jadi Saksi Meriahnya SOMA NITE RUN 2024

Kendati demikian, Provinsi Jawa Timur yang turut andil dalam perhelatan olahraga tersebut berhasil menorehkan prestasi sebagai juara 3 dengan total 143 medali yang diborong.

"Sejak awal target kita 50 emas. Tapi, kemari kita cuma dapat 49 Emas. Sedikit kurang beruntung tidak bisa di nomer 2," ujar Kepala Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (KaDispora) Provinsi Jawa Timur, saat dihubungi oleh Surabaya Pagi melalui pesan singkat, Senin (4/9/2023).

"Tapi mentalitas dan daya juang atlet POPNAS Jatim sangat Spartan. Berkaca dari grafis statistik atlet jatim sangat produktif dibanding dengan Pemprov lain," sambungnya.

Sebagai informasi,  juara 1 pada Popnas XVII diraih oleh Provinsi DKI Jakarta dengan total 180 medali (84 emas, 49 perak, 47 perunggu).

Sedangkan pada posisi juara 2 diraih Jawa Barat dengan total 140 medali (50 emas, 37 perak, dan 49 perunggu).

Dengan kebesaran hati, Provinsi Jawa Timur meraih 143 medali dengan rincian 49 emas, 45 perak, dan 49 perunggu.

Meski kurang puas dengan posisi yang diraih, Ali Kuncoro bangga atas prestasi yang diraih oleh atlit muda Jatim tersebut.

"Bangga, tapi Saya secara pribadi masih punya keyakinan talenta atlit Kita masih bisa berbicara lebih premium lagi ke depan," ungkapnya.

 

Baca Juga: Besok, Pj Gubernur Jatim Akan Buka Babak Kualifikasi PON XXI Cabor Sepak Bola

Saat ditanya terkait bonus bagi para atlit, Ali hanya menjelaskan secara garis besar nanti akan ada tunjangan tersendiri atas prestasi itu dan sudah masuk dalam anggaran. Akan tetapi, masih menunggu waktu kapan penerimaannya.

"Bonus pasti akan diberikan tinggal menunggu waktu penyerahan dan sudah teranggarkan," terang pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Biro Adpim Setdaprov Jatim itu.

"Karena memang Gubernur Jatim, beliau sangat konsen terhadap setiap prestasi yang dihadirkan," imbuhnya.

Akan tetapi saat ditanya mengenai besaran jumlah bonus yang akan didapat oleh para atlet, Ali memilih bungkam.

"Cukup untuk bisa membangkitkan motivasi berlatih dan berprestasi bagi atlet pelajar," ujar Ali.

Baca Juga: Pokja Wanipora Jatim Tekad Cetak Prestasi Voli dan Lomba Olahraga Masyarakat

"Nanti pada saat penyerahan akan bisa diketahui khalayak nominalnya," sambungnya.

Perlu diketahui, Provinsi Jatim telah mengirimkan 365 orang yang mana terdiri dari 279 orang atlet pelajar, 65 orang pelatih, dan 5 orang official.

Sementara itu, ada 22 cabang olahraga (cabor) yang ditandingkan antara lain, angkat besi, atletik, panahan, panjat tebing, balap sepeda, bola basket, bola voli, bulutangkis, dayung, pencak silat, senam dan renang.

Tak hanya itu, juga ada sepak takraw, taekwondo, karate, kempo, menembak, tenis lapangan, wushu dan sepak bola.

Namun, sangat disayangkan Jatim hanya mengikuti 21 cabor. Dikarenakan cabor sepak bola harus absen sebab tidak lolos saat pra POPNAS yang diselenggarakan di Kaltim pada tahun 2022 silam. Ain

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU