Wali Kota Pasuruan Inginkan PL-KUMKM 2023 Hasilkan Data Valid

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 22 Sep 2023 14:35 WIB

Wali Kota Pasuruan Inginkan PL-KUMKM 2023 Hasilkan Data Valid

i

Gus Ipul saat hadir dalam acara pendataan lengkap Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PL-KUMKM) 2023. SP/ RIS

SURABAYAPAGI.com, Pasuruan - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengharapkan pendataan lengkap Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PL-KUMKM) 2023 menghasilkan data yang valid. Ini dilakukan dalam upaya mendorong terciptanya basis data tunggal Koperasi dan UMKM di Kota Pasuruan.

Hal itu disampaikan Gus Ipul dalam sosialisasi PL-KUMKM 2023 di Hotel Ascent Premier, Kamis (21/09/2023). “Dalam mewujudkan pembangunan, data menjadi hal utama yang paling penting. Tentu, data yang dihasilkan harus data yang valid dan akurat,” ujarnya.

Baca Juga: Pasokan Migor Curah Menipis, Kemendag: Masih Mencukupi, Bisa Pakai ‘Second Brand’

Gus Ipul menyebut Keakuratan dan kevalidan data tersebut, menjadi dasar yang digunakan dalam perencanaan pembangunan. Ia meminta agar proses perencanaan ini juga dilakukan dengan valid. “Jika data KUMKM sudah akurat dan kemudian diproses, tahap berikutnya yang akan dilewati yaitu perencanaannya yang harus terukur dan valid. Ini dilakukan agar pembangunan dapat terwujud,” tambahnya.

Mengingat pentingnya kegiatan pendataan PL-KUMKM, Gus Ipul berpesan agar para petugas pendataan harus akurat dalam melaksanakan tugasnya, memahami tanggung jawab tugasnya guna terciptanya.

“Petugas yang yang melaksanakan program pendataan harus bisa valid. Dalam arti, orang tersebut paham dan mengerti bagaimana tugasnya, dan mampu membagi tugas dengan baik, sehingga perencanaan dapat dilaksanakan di lapangan dengan valid,” ucapnya.

Baca Juga: Perajin Kaligrafi di Tulungagung Banjir Pesanan, Tembus Qatar dan Amerika

“Camat dan lurah harus lebih peduli terhadap data UMKM, harus belajar terkait perkembangan data statistik Kota Pasuruan. Kalo perekonomian naik, maka catat UMKM sektor apa saja yang menopang. Untuk selanjutnya kita fasilitasi agar usahanya berkembang, baik sarana dari prasana, modal, sampai pembinaan,” tambahnya.

Gus Ipul juga mengatakan kontribusi dan peran aktif dari seluruh pihak dan dinas terkait sangat dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan pendataan.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

Kepala BPS Kota Pasuruan Ibu Sri Kadarwati menyampaikan proses pendataan PL-KUMKM 2023 ini sudah berlangsung sejak tanggal 15 September sampai dengan 14 Oktober 2023 mendatang.

“Sampai hari ini sudah mencakup 7.000 rumah tangga yang dilakukan pendataan, tercatat sebanyak 3.100 rumah tangga sebagai pelaku UMKM. Masih ada 25 hari ke depan, mudah-mudahan pendataan ini bisa terlaksana dengan baik dan menghasilkan data yang berkualitas,” tutupnya. ris/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU