Amankan Jalur Pemasok Kebutuhan Listrik Saat KTT AIS, PLN UIT JBM Serahkan Bantuan untuk Pengelolaan Kawasan Hutan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 12 Okt 2023 12:36 WIB

Amankan Jalur Pemasok Kebutuhan Listrik Saat KTT AIS, PLN UIT JBM Serahkan Bantuan untuk Pengelolaan Kawasan Hutan

SurabayaPagi, Denpasar - PT PLN (Persero) berkomitmen dalam penyediaan kebutuhan kelistrikan guna mensukseskan gelaran KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) Archipelagic & Island States Forum (AIS) 2023 di Nusa Dua, Bali.

PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) secara intensif berkoordinasi dengan stakeholder untuk turut mendukung upaya pengamanan sistem kelistrikan.

Selain konsistensi melakukan pembenahan sistem kelistrikan, PLN juga konsisten melakukan pemeliharaan ataupun penambahan infrastruktur dari sistem 20 kV hingga sistem 150 kV untuk menjamin keandalan penyaluran listrik saat event berlangsung. 

General Manager PLN UIT JBM, Didik Fauzi Dakhlan, menyebutkan bahwa PLN terus membina hubungan baik dengan Tahura (Taman Hutan Raya) Ngurah Rai. 

"Memasuki tahun kedua PKS untuk penggunaan lahan Tahura Ngurah Rai sebagai lokasi 98 pole transmisi 150 kv Pesanggaran - Nusa Dua, GI (Gardu Induk) 150 kv Nusa Dua dengan total luasan lahan 36,52 ha, menjadi contoh baik sehingga juga kami terapkan di Jawa Timur pada tower kami yang melewati Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur. Dengan Tahura Ngurah Rai, PLN terus berkoordinasi pengamanannya dengan pemberian kendaraan operasional kegiatan pengelolaan kawasan hutan," terangnya.

Didik menjelaskan bahwa dengan kolaborasi yang baik, tujuan penyediaan keandalan penyaluran listrik dapat dipenuhi. 

“Kami berharap kerjasama yang baik ini dapat terus dibina sehingga PLN dapat focus memastikan keandalan penyaluran listrik, sementara infrastruktur PLN aman berada di wilayah Tahura Ngurah Rai. Semuanya dengan tujuan bersama, yaitu menyukseskan setiap penyelenggaraan event utamanya untuk nama baik Indonesia dimata internasional, seperti event internasional yang berlangsung sejak kemarin hingga hari ini (KTT AIS)," ungkap Didik.

Ungkapan terima kasih disampaikan Kepala UPTD Tahura Ngurah Rai, I Ketut Subandi, S.Hut, M.Si dalam penandatanganan berita acara serah terima bantuan sarana prasarana operasional dari PLN. 

"Koordinasi antara PLN dengan Tahura Ngurah Rai berhasil dibina dengan baik, banyak pelajaran yang kami dapat dari kolaborasi ini. Terima kasih atas dukungan operasional yang sangat bermanfaat bagi kami dalam pengelolaan kawasan hutan, terlebih untuk ikut menjaga tower SUTT yang ada didalam lahan Tahura," tuturnya. Byb

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU