Angkat Perekonomian Lewat Pameran Batik, Dibudpar Jatim Gelar East Java Fashion Harmony

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Okt 2023 11:43 WIB

Angkat Perekonomian Lewat Pameran Batik, Dibudpar Jatim Gelar East Java Fashion Harmony

SurabayaPagi, Surabaya - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kembali menggelar East Java Fashion Harmony (EJFH) 2023 dengan tema "Raswa Anindya Lantih Lan Batik Jawi Wetan" yang akan Gedung Amphitheater Taman Candra Wilwatikta Pasuruan pada 3 November 2023.

EJFH sendiri merupakan event yang telah digelar selama 3 tahun berturut-turut dan telah masuk pada penilaian pada Karisma Event Nusantara (KEN) Kemenpatekraf. 

Nantinya pada acara ini terdapat beberapa kegiatan yang dapat diikuti oleh masyarakat seperti, pameran batik, seni budaya, seni pertunjukan, seni musik, kuliner dan fashion. 

Kepala Disbudpar Jatim menjelaskan bahwa EJFH adalah kegiatan yang murni diadakan oleh Pemprov Jatim.

Pada gelaran tahun 2023 ini, EJFH sendiri telah melewati proses kurasi terlebih dahulu oleh kementrian. 

"Salah satu kurasi ini bertujuan untuk memilih event unggulan, karena ada kurang lebih 500 event di Indonesia. Dan Provinsi Jatim yang akan diikutkan pada program-program kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif, seperti KEN," Ujar Hudiyono.

Hudiyono mengungkapkan bahwa gelaran EJFH memberikan dampak yang baik di bidang perekonomian, seperti terjadinya transaksi jual beli pada saat pameran batik karya anak bangsa, termasuk karya desainer terkenal Ivan Gunawan.

Hudiyono menyebut saat EJFH juga borpentensi munculnya perkembangan usaha baru, hal ini terjadi karena adanya kolaborasi yang baik antara para desainer lokal dan nasional. 

"Dari aspek ekonomi, potensi yang muncul saat acara ini berlangsung ialah dorongan terjadinya jual beli dan mengembangkan infrastruktur biaya, yang nantinya akan kita pikirkan bersama dengan desainer dan kawan kawan pengusaha," Tutur Hudiyono. 

Tak hanya di sektor ekonomi, gelaran EJFH juga memberikan dampak positif pada sektor sosial budaya, dan lingkungan. Karena keseluruhan event tersebut melibatkan masyarakat lokal, komunitas dan UMKM, serta juga mendukung penggunaan produk lokal. 

Guna memeriahkan gelaran acara tersebut, Disbudpar juga menginformasikan kepada beberapa negara di ASEAN untuk bisa turut hadir pada East Java Fashion Harmony. Byb.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU