Panglima TNI Baru, Jenderal Agus, Rabu Ini Dilantik Presiden

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 21 Nov 2023 20:28 WIB

Panglima TNI Baru, Jenderal Agus, Rabu Ini Dilantik Presiden

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan Jenderal Agus akan dilantik sebagai panglima TNI yang baru oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (22/11/2023) hari ini.

"Alhamdulillah pada hari ini ini DPR RI telah memberikan persetujuan atas pemberhentian dan pergantian Panglima TNI yang akan datang atas nama Jenderal TNI Agus Subiyanto yang insyaAllah akan dilantik esok hari. Di mana dan jam berapa silakan tanyakan pada presiden," kata Puan usai rapat paripurna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Baca Juga: AHY tak Ambil Pusing dengan Moeldoko

Jenderal Agus sendiri membenarkan pelantikan dirinya itu akan dilaksanakan, Rabu (22/11/2023) pukul 10.00 WIB.

 

Rapat Paripurna Pengesahan

DPR RI menggelar rapat paripurna ke-9 masa persidangan II tahun sidang 2023-2024 yang mengambil keputusan pengesahan calon Panglima TNI.

Jenderal TNI Agus Subiyanto kini telah disahkan menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono.

Mulanya Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid termasuk pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Jenderal Agus.

Baca Juga: Sri Mulyani-Prabowo, Bertukar Senyum

Setelah penyampaian, Meutya menyerahkan laporan hasil fit and proper test calon Panglima TNI tersebut kepada Puan. Kemudian, Puan selaku pimpinan rapat kemudian meminta persetujuan kepada seluruh fraksi yang hadir untuk mengesahkan Jenderal Agus sebagai calon Panglima TNI.

"Apakah laporan Komisi I DPR RI atas hasil uji kelayakan fit and proper test calon Panglima TNI tentang pemberhentian Laksamana TNI Yudo Margono dan menetapkan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI itu dapat disetujui?" tanya Puan kepada peserta sidang. "Setuju," jawab peserta.

 

Akan Bentuk Pasukan Drone

Baca Juga: LSI: 66% Pimilih Jokowi Tahun 2019, Bermigrasi ke Pasangan Prabowo

Jenderal Agus Subiyanto berencana membentuk pasukan drone. “Kalau untuk misalnya saya tadi untuk profesional itu, saya akan membentuk pasukan drone saya, drone-nya itu dari PT LEN bisa. Pokoknya kita Inhan yang ada nanti, kita tadi itu TOT, TOK, transfer of technology, transfer of knowledge," kata Agus

"Jadi kita harus seperti itu, kalau nggak, ya nggak maju, kita harus paksakan seperti itu. Kalau ada kekurangan ya kita evaluasi, misalnya drone-nya seperti apa nih, apakah drone setingkat kompi itu beda, berarti kompi bergerak, peleton bergerak drone-nya itu hanya untuk meninjau aja misalnya, kompi itu bergerak, pleton," ujar Agus. n erc/jk/rmc

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU