Presiden Laskar Santri Target 80 Persen Warga Nahdliyin Dukung AMIN

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 20 Des 2023 10:57 WIB

Presiden Laskar Santri Target 80 Persen Warga Nahdliyin Dukung AMIN

i

perwakilan dari semua pesantren mainstream maupun pesantren lain, diantaranya Lirboyo , Ploso, Sidogiri, Langitan, alumni Sarang, Nurul Jadid, dll hadir dukung AMIN mendapatkan 60 persen suara Nahdliyin di Jatim. SP/ RIKO

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Presiden Laskar Santri AMIN Indonesia Abdus Salam Shobib menargetkan 80 persen suara warga Nahdliyin mendukung paslon nomor 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. 

Dengan angka 80 persen warga Nahdliyin tersebut, Gus Salam memprediksi sekitar 55 hingga 60 persen suara pemilih di Jatim secara keseluruhan. 

Baca Juga: Mengapa Gibran dan Bapaknya Diusik Terus

"Konsolidasi terus kami lakukan dengan target kami mampu mengkonsolidasikan minimal 80 persen warga NU Jatim, yang artinya itu 55 persen hingga 60 persen warga Jawa Timur," kata Gus Salam.

Pengasuh Pondok Pesantren Denanyar Jombang ini mengatakan AMIN saat ini sudah banyak mendapatkan dukungan dari ponpes di Jatim. Teranyar dan mempunyai gaung tinggi yakni dukungan dari keluarga besar Ponpes Lirboyo Kediri. 

"Ini menjadi kekuatan yang luar biasa menjadi motivasi yang sangat istimewa dalam memenangkan AMIN," ujarnya, Selasa (19/12/2023).

Ia melihat semangat luar biasa ditunjukkan kalangan pesantren, baik itu santri, alumni bahkan hingga simpatisan pesantren itu sendiri. Semangat itu menjadi pemecut pihaknya untuk tidak kalah masif memberikan sosialisasi soal AMIN ke masyarakat bawah. 

Baca Juga: Kesimpulan Paslon 01 dan 03: Sumber Masalahnya, Gibran dan Cawe-cawenya Jokowi

"Militansi dari teman-teman di kalangan pesantren, simpatisan pesantren ini luar biasa. Dan insyaallah kita akan bergerak sampai ke tingkat bawah untuk mengenalkan paslon AMIN sekaligus visi misinya," katanya. 

Dukungan dari pesantren lanjut Gus Salam, berpengaruh kuat kepada keberpihakan pemilih. Sebab, dari kultur yang ada, pesantren dikenal erat emosionalnya dengan masyarakat. Rata-rata arahan yang keluar dari pesantren lebih banyak dipatuhi, khususnya bagi para santri dan alumni. 

Baca Juga: Kesimpulan Sengketa Pilpres 2024, Diserahkan Selasa ini

"Pesantren kaitannya dengan masyarakat dan umat ini sangat tinggi. Jadi ketika kita dapat dukungan dari pesantren itu tidak hanya dari pesantren tersebut. Tentu juga dengan wali santrinya, dengan Majelis taklimnya, dengan alumni-alumninya, termasuk dengan simpatisan muhibbin-muhibbin pesantren tersebut," lanjutnya. 

Melihat kondisi tersebut, ia yakin AMIN sudah mendapatkan 60 persen suara Nahdliyin di Jatim. Ditambah pesantren-pesantren yang tergabung dalam Laskar Santri AMIN Indonesia. Sehingga dapat dipastikan sekitar 80 persen pesantren di Jatim mendukung AMIN. 

“Hampir perwakilan dari semua pesantren mainstream maupun pesantren lain itu semua ada. Dari Lirboyo ada, dari Ploso ada, dari Sidogiri, dari Langitan bahkan dari Jawa Tengah, alumni Sarang ada. Nurul Jadid, Gengong, Annuqayah, Syaikhona Kholil Bangkalan ada. 80 Persen lah pesantren di Jawa Timur ini menyatakan dukungan ke AMIN," pungkas mantan Wakil Ketua PWNU Jatim ini. rko

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU