Home / Ekonomi dan Bisnis : Diawal Libur Tahun Baru 2024

Musim Liburan, Taman Wisata Mekarsari Era 1990-an Tampak Mangkrak dan Sepi Pengunjung

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 03 Jan 2024 10:49 WIB

Musim Liburan, Taman Wisata Mekarsari Era 1990-an Tampak Mangkrak dan Sepi Pengunjung

i

Kondisi Taman Buah Mekarsari yang terlihat tak terawat dan sepi dari pengunjung di awal tahun 2024. SP/ BGR

SURABAYAPAGI.com, Bogor - Masih ingatkah wisata Taman Buah Mekarsari yang berada di Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM. 3, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat yang dikenal sejak era 1990-an oleh almarhum Tien Soeharto, kini Keberadaaan Taman Wisata tersebut tampak sepi pengunjung bahkan di saat libur Tahun Baru 2024. Terlihat pula infrastruktur yang juga tidak terawat dengan baik.

Mengutip dari laman resmi Kabupaten Bogor, Rabu (03/01/2024), pada saat diresmikan di tahun 1995 mulanya tempat ini bernama Taman Buah Mekarsari. Namun seiring bertambahnya varian tanaman yang dibudidayakan tidak hanya jenis buah-buahan saja, tapi juga jenis sayur-mayur serta tanaman hias. Itu sebabnya pada 2004 Taman Wisata Buah Mekarsari berganti nama menjadi Taman Wisata Mekarsari. 

Selain itu, di area wisata tersebut juga disediakan wahana permainan menarik untuk menambah kegembiraan bagi para wisatawan yang berkunjung. Sayangnya kini, kondisi taman tersebut sudah jauh berbeda dan kurang terawat setelah sekian lama beroperasi. 

Hal tersebut diketahui dari unggahan seorang pejalan di TikTok melalui akun @lelaccc pada Minggu 31 Desember 2023 yang mengungkap sepinya pengunjung, bahkan di tengah musim liburan.

"Kondisi Taman Buah Mekarsari sekarang, padahal aku datang waktu liburan Nataru," katanya di awal video tersebut, dilihat Rabu (03/01/2024).

Meski begitu ia mengatakan tetap menyukai Taman Buah Mekarsari, karena menurutnya jadi tempat yang bagus untuk healing. Lalu di cuplikan video lain, ia menggambarkan fasilitasnya yang sudah usang dan terkesan tua.

"Buat keliling, kita pilih naik kereta (kereta wisata). Aku pilih paket Rp50 ribu per orang. Tapi sekarang ada opsi drive thru juga," jelasnya lagi. 

Dalam unggahan video tersebut, sang pemilik akun juga menjelaskan bahwa tanaman yang ada terlihat tumbuh subur, sehingga membuat adem suasana. Ia pun berkesempatan untuk memetik buah belimbing.

"Beberapa orang mungkin melihat dengan kesan "horor", tapi ada juga yang ingin nostalgia wisata ke sini," tutupnya di akhir video. 

Diketahui Taman Wisata Mekarsari memiliki 1.470 varietas tanaman buah dan sekitar 100.000 pohon. Di tempat ini terdapat juga laboratorium untuk menyilangkan beberapa varietas tumbuhan yang menghasilkan Barbados cherry, jambu air irung petruk, jambu air cengkih, nenas arnis, jambu air toon klow.

Destinasi wisata ini juga terkenal telah membuat percobaan persilangan buah cempedak dan nangka yang dinamakan pedakka, cempeka, dan nangkadak. Selain itu, di Taman Wisata Mekarsari juga dapat menjumpai tanaman-tanaman langka seperti bunga bangkai, sawo kecik, kesemek, serta tanaman-tanaman tropis seperti salak, nangka, jeruk, rambutan, belimbing, melon, dan masih banyak lagi.

Salah satu fasilitas terkenalnya adalah kereta wisata keliling merupakan wahana yang akan mengajak pengunjung untuk berkeliling menjelajahi kebun buah koleksi Taman Buah Mekarsari serta menghadirkan berbagai wahana wisata air. bgr-01/dsy

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU