KPU Jatim Siapkan Surat Suara Khusus untuk 17.444 Pemilih Tuna Netra

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 04 Jan 2024 16:55 WIB

KPU Jatim Siapkan Surat Suara Khusus untuk 17.444 Pemilih Tuna Netra

i

Peninjauan surat suara di Gudang KPU Probolinggo

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur (Jatim) memastikan untuk masyarakat dengan keterbatasan fisik tidak menjadi hambatan untuk menggunakan hak pilih di Pemilu 2024. Seperti halnya penyandang disabilitas sensorik netra (tuna netra) yang memiliki keterbatasan indra penglihatan.

Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq, mengungkapkan persiapan yang sedang dilakukan untuk menyediakan 17.444 surat suara dan Alat Bantu Tunanetra (ABTN) sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Ormas M1R Gelar Aksi Damai Depan KPU Jatim

Rozaq menjelaskan bahwa surat suara khusus ini dirancang akan memudahkan penyandang tuna netra dalam pencoblosan.

"Surat suara untuk penyandang tunanetra memiliki desain khusus yang membedakannya dengan surat suara konvensional," kata Rozaq, saat dikonfirmasi langsung Surabaya Pagi, Kamis, (4/1/2024).

Rozaq menyebut khusus pemilih tuna netra ini, mereka akan didampingi secara khusus oleh petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) saat pelaksanaaan pencoblosan.

Pemilih istimewa itu melakukan proses pencoblosan di bilik suara, kemudian setelah penggunaan, ABTN akan dikembalikan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Sebenarnya ada alat bantu huruf braille namun hanya tersedia untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Alat bantu huruf braille ini hanya tersedia ada satu di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Sementara itu, mengingat hari ini Kamis, (4/1/2023) diperingati sebagai Hari Braille Sedunia, Rozaq berharap penyandang disabilitas mendapatkan hak asasi manusia yang sama seperti orang lain dalam menentukan pilihannya dalam Pemilu 2024.

Baca Juga: Bersama Forkopimda, Pj Wali Kota Ali Kuncoro Cek Penyimpanan Logistik Pasca Pemilu

Menurutnya, pihak KPU Jatim masih dalam tahap sosialisasi untuk memastikan pemilih istimewa ini mendapatkan informasi terkait ABTN.

"Nantinya kami akan bekerjasama dengan asosiasi dan paguyuban disabilitas khusus tuna netra. Ini masih menunggu templet ABTN untuk segera melakukan proses sosialisasi ke segmen istimewa ini," tambahnya.

Tak hanya itu, produksi dan distribusi surat suara ABTN tengah berjalan serentak dengan jenis surat suara Pemilu lainnya.

KPU Jatim menargetkan pengiriman surat suara ke 38 Kota/Kabupaten di Jatim seluruhnya selesai pada 15 Januari 2024.

Baca Juga: Ditemukan Selisih Jumlah Suara, 21 TPS di Jombang Lakukan Perhitungan Ulang

Berdasarkan data KPU Jatim, Pemilu 2024 mendatang tercatat Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 31.402.838 orang dengan 120.666 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan disediakan.

Perlu diketahui, pemilih tuna netra tersebar di 38 Kota/Kabupaten Jawa Timur, dengan jumlah tertinggi terdapat di Kabupaten Malang sebanyak 1.160 jiwa, diikuti oleh Kabupaten Banyuwangi dengan 979 pemilih, dan Kabupaten Lumajang sebanyak 907 jiwa.

Sedangkan, Kota Batu memiliki jumlah pemilih tuna netra yang paling sedikit, hanya 36 jiwa. Ain

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU