Bukan hanya di Bali, BPS Catat Aceh Berpotensi Jadi Pilihan Wisata Favorit Wisman

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 07 Jan 2024 10:49 WIB

Bukan hanya di Bali, BPS Catat Aceh Berpotensi Jadi Pilihan Wisata Favorit Wisman

i

Turis asing muslim saat mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman. SP/ ACH

SURABAYAPAGI.com, Aceh - Menikmati primadona di sektor pariwisata di Indonesia nyatanya tak hanya ada di Pulau Dewata Bali saja. Ternyata, kebanyakan wisata mancanegara (Wisman) terutama wisatawan muslim justru lebih memilih mengunjungi wilayah Aceh.

Badan Pusat Statistik (BPS), dikutip Minggu (07/01/2024) mencatat, sebanyak 3.108 wisatawan mancanegara (wisman) atau turis asing berkunjung ke Provinsi Aceh pada Agustus 2023. Wisatawan itu didominasi dari Malaysia.

Baca Juga: Dongkrak Wisata ‘Sport Tourism’, Kemenparekraf Galakkan Olahraga Air di Indonesia

Sementara lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan sepanjang 2022 yaitu di provinsi ujung paling barat Indonesia. Meliputi Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, dan Aceh Utara.

Selain itu, ada beberapa daerah di Tanah air yang tengah dikembangkan menjadi wisata halal, salah satunya Aceh. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menyatakan, provinsinya berpotensi besar untuk dikembangkan menjadi destinasi halal.

Disbudpar Aceh terus mengembangkan pariwisata halal melalui berbagai program. Salah satunya Expo Produk Usaha Halal Aceh dan berbagai kegiatan lainnya. Selain itu, wisata halal tersebut juga memfokuskan pengembangan pariwisata halal guna meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. 

Baca Juga: BPS Catat Harga Emas dan Kontrak Rumah Picu Inflasi Komponen Inti Terbesar

Sebagai informasi, disebutkan, pada Agustus 2023 sebanyak 2.592 orang turis asal Malaysia berkunjung ke Aceh. Kemudian warga negara asal Singapura 59 orang, Prancis 48 orang, Belanda 39 orang, Jerman 35 orang, dan puluhan warga dari berbagai negara lainnya.

BPS mencatat sejak Januari-Agustus 2023, kunjungan wisatawan mancanegara ke Aceh memang didominasi oleh warga negara Malaysia. Pada Januari tercatat 1.157 orang turis Malaysia, kemudian Februari sebanyak 1.703 orang, dan Maret sebanyak 1.588 orang

Baca Juga: KEK Sanur, Wisata Kesehatan Terintegrasi yang Jadi 'Landmark' Perekonomian RI

Kemudian pada April sebanyak 886 orang, Mei sebanyak 2.017 orang, Juni sebanyak 1.701 orang, pada Juli sebanyak 1.866 orang dan Agustus mencapai 2.592 orang. BPS juga mencatat pada Agustus 2023 penumpang penerbangan internasional di Aceh sebanyak 15.845 orang. Angka ini mengalami penurunan dibanding bulan sebelumnya sebanyak 19.496 orang.

Sedangkan untuk penerbangan domestik sebanyak 50.507 orang. Ia mengatakan, angka ini mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 58.182 orang. ach-01/dsy

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU