Rektor UNESA Resmi Nahkodai FRI

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 16 Jan 2024 18:12 WIB

Rektor UNESA Resmi Nahkodai FRI

i

Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., meraih kepercayaan untuk nahkodai Forum Rektor Indonesia (FRI) pada periode 2023-2024. SP/Unesa

SURABAYAPAGI, Surabaya - Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., meraih kepercayaan untuk nahkodai Forum Rektor Indonesia (FRI) pada periode 2023-2024.

Amanah ini berdasarkan keputusan bersama pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia dalam acara Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV FRI di Graha UNESA, Kampus II Lidah Wetan, Surabaya, Selasa, (16/1)

Baca Juga: Gubes UNESA Singgung Netralitas Pemerintah, TNI, Polri hingga ASN

Pelantikan yang disaksikan oleh seluruh jajaran rektor dan tamu undangan, Prof Hasan secara resmi menerima jabatan tersebut dari Ketua Dewan Pertimbangan FRI 2024.

Dimana, ia sebagai penerus Prof. Dr. Mohammad Nasih SE., MT., Ak., rektor yang kerap bergaya unik dengan menggunakan sepatu berbeda warna antara kanan dan kiri itu berkomitmen untuk melanjutkan program-program yang telah berhasil dilaksanakan sebelumnya dan terus berinovasi ke depan.

Dalam pidato pelantikannya, Prof Hasan atau yang akrab dengan julukan Cak Hasan itu menekankan posisi FRI dalam mendorong kemajuan dan daya saing bangsa.

Ia berharap agar FRI dapat menjadi rumah besar bagi seluruh perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta, serta menjadikan FRI sebagai lokomotif utama dalam persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dan penguatan inovasi untuk mencapai daya saing yang lebih baik.

Baca Juga: Keresahan atas Pelaksanaan Pilpres 2024, Dirasakan juga oleh Puluhan Dosen Unair dan Unesa

Menurut Cak Hasan, untuk memperkuat peran FRI ke depan, diperlukan 3K, yaitu komitmen, kerja sama, dan kepedulian. Tiga elemen tersebut dianggapnya sebagai kunci utama dalam menjamin keberlangsungan, kemajuan, dan daya saing FRI di tengah dinamika global yang menantang.

"Ke depan kita berhadapan dengan dinamika global yang menantang. Karena itu, sesuai arahan Presiden Joko Widodo kita perlu memperkuat sinergi lewat forum ini untuk menyiapkan SDM dan talenta unggul dalam mengarungi persaingan global yang makin tak menentu," tutur Cak Hasan.

Ia berharap nantinya FRI terus memperkuat kontribusinya untuk memberikan solusi atas berbagai tantangan dalam mewujudkan visi Indonesia maju 2045.

Baca Juga: Gejolak Dinamika Politik dikalangan Akademisi, Rektor UNESA Beri Tanggapan

Seiring dengan target ketua FRI sebelumnya, Prof Nasih, Cak Hasan menegaskan harapan agar pada 2034, sumber daya manusia Indonesia siap memaksimalkan bonus demografi yang dimiliki, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan daya saing yang semakin diperhitungkan di dunia.

Serta, FRI diharapkan menjadi katalisator, fasilitator, dan mediator bagi anggotanya untuk maju bersama demi kemajuan Indonesia.

"Kerja sama, sinergi, dan dukungan perlu diperkuat. Riset dan inovasi harus diperbanyak. Kita harus maju bersama untuk Indonesia," pungkasnya. Ain

Editor : Mariana Setiawati

Tag :

BERITA TERBARU