Ribuan Satlinmas di Banyuwangi Dilibatkan dalam Pemilu 2024

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 30 Jan 2024 19:19 WIB

Ribuan Satlinmas di Banyuwangi Dilibatkan dalam Pemilu 2024

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Ribuan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Banyuwangi bakal terlibat dalam gelaran Pemilu 2024. Mereke memiliki peran penting dalam mengawal mulai persiapan hingga berlangsungnya dan berakhirnya Pemilu 14 Februari mendatang.

Namun sebelum itu, Satlinmas perlu mendapatkan pengarahan agar bertugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Mereka berkumpul di lapangan Tenis Indoor Gedung Olahraga (GOR) Tawangalun Banyuwangi guna mengikuti Apel Siaga.

Baca Juga: Kemenhub Bangun ‘Skybridge’, Hubungkan Stasiun dan Pelabuhan Ketapang

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menjadi pemimpin pada apel tersebut. Ipuk menyematkan pita kepada perwakilan Linmas secara simbolis sebagai tanda mereka siap bertugas di pengamanan pemilu mendatang.

Bupati Ipuk menyebut ada peran penting yang diemban oleh pata Linmas ini. Di antaranya, menjaga ketertiban dan keamanan pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Linmas adalah ujung tombak dalam menjaga keamanan dan ketertiban pemilu. Saya berharap semua menjalankan hak dan tanggung jawab dengan penuh kesadaran,” ujar Ipuk.

Tak hanya itu, kata Ipuk, Linmas juga senantiasa mampu memberikan rasa aman kepada para warga selama pemungutan suara, hingga di desa-desa. Termasuk mengantisipasi serta mewaspadai berbagai potensi gangguan keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan.

Baca Juga: Gula Semut Organik Digemari Kalangan Menengah ke Atas

“Linmas juga harus proaktif dalam membangun komunikasi yang baik dengan semua pihak. Ini adalah kunci dari keberhasilan pemilu,” ucap Ipuk.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Banyuwangi Wawan Yadmadi, Satuan Linmas ini berasal dari berbagai elemen. Mereka siap bertugas memenuhi kewajiban dan memberikan rasa aman dan tertib kepada ketika pemilu.

Lebih dari itu, mereka juga telah dibekali dengan aturan-aturan dan kode etik yang berlaku. Sehingga mereka bisa menjalankan tugasnya secara maksimal.

Baca Juga: Bupati Ipuk Minta Koordinasikan CSR Agar Tepat Sasaran

“Para Linmas siap menjaga keamanan dan ketertiban pemilu,” kata Wawan.

Turut hadir pada Apel Siaga ini di antaranya, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono, Ketua KPU Dwi Anggraini Rahman, Ketua Bawaslu Banyuwangi Adrian Yansen, dan Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah. Bn-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU