Mahfud Md, Pamit ke Jokowi Secara Kekeluargaan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 01 Feb 2024 20:19 WIB

Mahfud Md, Pamit ke Jokowi Secara Kekeluargaan

i

Mahfud MD saat melakukan jumpa pers di Istana Negara, usai mengajukan pengunduran diri ke Presiden Jokowi, Kamis (1/2/2024).

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Mahfud Md mengatakan dalam pertemuan dengan Jokowi berjalan cair dan penuh kekeluargaan. Mahfud juga sempat disebut Jokowi sebagai Menko Polhukam terlama dalam kabinetnya.

"Alhamdulillah Bapak Presiden sama dengan saya, kita bicara dari hati ke hati dan penuh kekeluargaan, dan sama-sama tersenyum. Tak ada ketegangan apa pun. Kita tersenyum bergembira bercerita masa lalu ketika kita mulai bekerja," ucap Mahfud dalam konferensi pers di Istana Kamis (1/2/2024) sore.

Baca Juga: Jaringan Pencak Silat di Jatim Deklarasi Ganjar Mahfud, Dukung Pemimpin Demokratis

Menko Polhukam yang juga calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD telah bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis sore .

Mahfud mengaku sudah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Jokowi.

"Sehingga saya secara resmi dan dengan penuh hormat hari ini nyatakan surat menyatakan minta atau mohon berhenti," kata Mahfud dalam konferensi pers di Istana.

Mahfud didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Ia mengaku surat pengunduran dirinya sudah diterima oleh Jokowi. "Ketiga saya mohon maaf ke beliau kalau ada masalah-masalah yang kurang saya laksanakan dengan baik," ujarnya.

Mahfud, dalam konferensi pers, mengatakan saat bertemu presiden, ia sempat guyunan. "Suasana cair, tidak ada ketegangan," jelas calon wakil presiden nomor urut 3.

 

Optimisme PDIP Satu Putaran

PDIP optimistis paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md bisa menang satu putaran. Terakhir paslon ini mendapat dukungan yang masif.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, menyebut sentimen positif terhadap paslon 03 mencapai 72%.

Baca Juga: Pernyataan Jokowi Negarawan

Artinya, sentimen positif Ganjar yang mencapai 72% server of voice di seluruh platform media sosial, diakumulasikan sudah mencapai 48%. Dibandingkan dengan paslon yang lain, sentimen negatifnya cukup besar.

"Secara akumulatif itu sudah mencapai 48% bersama dengan Prof Mahfud. Kemudian dibandingkan yang lain itu, sentimen negatifnya begitu besar," kata Hasto saat jumpa pers di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/2/2024).

 

Penggunaan Kekuasaan Berlebih

Menurut Hasto semakin banyak kekuasaan yang dipakai, maka akan semakin tinggi sentimen positif kepada Ganjar-Mahfud.

Dia menyebut penggunaan kekuasaan berlebih bisa meningkatkan sentimen positif paslon tersebut.

Baca Juga: Mahfud Ingatkan PTUN Jangan Main-main dengan Anwar Usman

Semakin banyak kekuasaan yang dipakai untuk menyakiti rakyat, semakin tinggi dari kerja Mahfud. Semakin tinggi sentimen positif dari Ganjar-Mahfud. Jadi situasi sekarang terbalik akibat penggunaan kekuasaan yang berlebihan dan berhadapan dengan rakyat itu sendiri," imbuhnya.

 

Elektabilitas Pasang Calon No 2

Charta Politika merilis survei terbaru, salah satunya elektabilitas 3 pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang bertarung di Pemilu 2024. Survei menunjukkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dibanding pasangan lainnya.

Survei dilakukan pada 4-11 Januari 2024 terhadap 1.220 responden. Survei dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka.Populasi survei adalah warga negara yang sudah memiliki hak pilih yakni berusia 17 tahun atau sudah menikah. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU