Lapas Kediri Siapkan 3 TPS Khusus

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 04 Feb 2024 19:39 WIB

Lapas Kediri Siapkan 3 TPS Khusus

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Lapas Kelas II A Kediri akan disiapkan 3 tempat pemungutan suara (TPS) khusus saat pencoblosan Pilpres dan Pemilu 2024.

Plt Kalapas Kediri, Budi Ruswanto, menjelaskan telah melakukan rapat panitia persiapan KPPS TPS Lokasi Khusus di Lapas Kediri, Sabtu (3/2/2024).

Kegiatan ini sebagai percepatan persiapan Pemilu 2024 dan sesuai imbauan Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono agar seluruh ASN di Jajaran Kemenkumham tetap menjaga netralitas, menyukseskan pemilu, menjaga keamanan dan ketertiban.

Selain itu Lapas Kediri terus berupaya bekerja sama dengan KPU Kota Kediri agar hak pilih warga binaan pada Pemilu 2024 bisa terpenuhi.

Melihat dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang sudah ditetapkan oleh KPU Kota Kediri, Lapas Kediri memiliki 3 TPS.

Ada satu TPS diperlukan 7 orang anggota KPPS termasuk Ketua KPPS sehingga ada 21 orang pegawai Lapas Kediri menjadi anggota KPPS.

Budi Ruswanto juga menyampaikan selain mempertimbangkan kelancaran pencoblosan, juga mempertimbangkan keamanan.

"Jangan sampai kita berusaha semaksimal mungkin untuk kesuksesan pencoblosan tapi kita mengabaikan faktor keamanan. Bagaimanapun mereka (narapidana) mempunyai hak yang sama dengan kita semua dalam hal menentukan pilihan," ujarnya.

Selain itu diharapkan segera  mempersiapkan sarana dan prasarana, membentuk tim keamanan sekaligus memetakan pegawai-pegawai di posnya masing-masing dalam meningkatkan keamanan selama Pemilu 2024 berlangsung.

"Karena  TPS nanti berada di dalam Lapas serta pemilihnya adalah warga binaan," jelasnya.

Ketiga TPS khusus di Lapas Kediri terdiri TPS 901, TPS 902 dan TPS 903 lokasinya dalam satu ruangan di Aula Welas Asih Lapas Kediri. kd-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU