Wakil Ketua DPRD Jatim Istu Hari Subagio Resmi Dilantik

author Riko Abdiono

- Pewarta

Minggu, 11 Feb 2024 20:02 WIB

Wakil Ketua DPRD Jatim Istu Hari Subagio Resmi Dilantik

i

Mayjend TNI Purn Istu Hari Subagio saat dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, 7/2/2024.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pengganti Sahat Tua Simanjuntak sebagai pimpinan DPRD Jatim resmi dilantik. Mayjen TNI (Purn) Istu Hari Subagio resmi menjabat menjadi wakil ketua DPRD Jatim setelah sebelumnya menjadi Pelaksana tugas (Plt).

Pengambilan sumpah dan jabatan mantan Ketua Komisi A itu dilakukan melalui rapat paripurna DPRD Jatim pada Rabu (7/2/2024). Rapat dipimpin Dr Anwar Sadad MAg selaku wakil ketua DPRD Jatim dari Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim disaksikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Sekdaprov Jatim Adhy Karyono dan seluruh anggota DPRD Jatim yang hadir.

Baca Juga: Jokowi Minta Menko Polhukam Baru, Urus Keamanan

"Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini berdasarkan SK dari Mendagri. Selamat Pak Estu, semoga bisa menjalankan amanah ini dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jatim," ujar Anwar Sadad yang akrab disapa Gus Sadad.

Sedangkan untuk prosesi pengambilan sumpah dan jabatan dipimpin langsung oleh kepala Pengadilan Tinggi Jatim dibantu petugas rohaniawan dari Kanwil Kemenag Jatim.

Sementara itu, Istu Hari Subagio usai pelantikan mengaku bersyukur karena dirinya telah resmi menjabat sebagai wakil ketua DPRD Jatim karena sebelumnya hanya menjadi Plt. 

"Alhamdulillah saya akhirnya telah resmi dilantik menjadi wakil ketua DPRD Jatim," ujar mantan Gubernur AKMIL TNI AD ini.

Baca Juga: 2 Anggota DPR, Bocorkan Pelantikan Hadi Tjahjanto dan AHY, Rabu Ini

Sesuai dengan tugas dan kewenangan yang diberikan, kata Istu, sebagai salah satu wakil ketua DPRD Jatim adalah menjadi kordinator komisi bidang hukum dan pemerintahan atau Komisi A.

"Sebelumnya saya juga menjadi ketua Komisi A. Dan jabatan itu sudah saya serahterimakan kepada Adam Rusydi sehingga saya bisa konsentrasi sebagai wakil ketua DPRD Jatim," ungkap politikus Partai Golkar asli Kertosono Nganjuk ini.

Baca Juga: Anik Maslachah Beri Pesan Tentang Kesejahteraan kepada Pj Gubernur Adhy Karyono

Ia berharap seluruh anggota dan pimpinan DPRD Jatim bisa bersinergi untuk bekerja dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Jatim supaya mereka bisa makin sejahtera. 

"Utamanya, mencarikan solusi terkait persoalan masyarakat petani di pedesaan untuk ditindaklanjuti bersama eksekutif agar Jatim menjadi provinsi andalan Indonesia," pungkas Istu Hari Subagio yang Kembali maju di Pemilu 2024 dari Dapil Madiun-Nganjuk ini. rko

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU