Kecamatan Dander Bojonegoro Langganan Banjir Bandang, Terjang 3 Pemukiman Desa

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 19 Feb 2024 14:34 WIB

Kecamatan Dander Bojonegoro Langganan Banjir Bandang, Terjang 3 Pemukiman Desa

i

Banjir bandang akibat diguyur hujan menerjang 3 desa di Kecamatan Dander, Kabuoaten Bojonegoro, Minggu (18/01/2024). SP/ BJN

SURABAYAPAGI.com, Bojonegoro- Wilayah di Desa Kunci, Desa Sumberarum, dan Desa Dander, Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro sudah kerap menjadi langganan banjir bandang setiap diguyur hujan pada Minggu (18/02/2024) malam, dengan ketinggian air mulai 10 sampai 30 centimeter.

Kapolsek Dander Polres Bojonegoro, AKP Jadmiko menjelaskan, limpahan air terlihat berwarna kecoklatan mengalir di jalan-jalan di tiga desa tersebut mengalir dari kawasan hutan menuju ke permukiman.

Baca Juga: Mentan Warning Oknum Jual Pupuk di Atas HET

“Luapan air di jalan setinggi kurang lebih 30 cm. Meski arusnya cukup deras tapi masih bisa dilalui kendaraan roda dua maupun lebih,” ujar, Senin (19/02/2024).

Selain menggenangi jalan provinsi, air yang membawa material tanah itu juga menggenangi jalan desa dan perumahan warga. Seperti hasil pendataan yang dilakukannya, di Jalan Desa Sumberarum tergenang sepanjang kurang lebih 50 meter dengan ketinggian air 30 centimeter.

Baca Juga: Rumah Warga di Bojonegoro Terancam Longsor Tergerus Banjir Bengawan Solo

Kemudian, di Jalan Desa Kunci tergenang sekitar 50 meter dan pemukiman penduduk di RT 09, 10, 11 dan 12 dengan ketinggian air 30 centimeter. Hujan deras yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB juga menggenangi Jalan Desa Dander sepanjang kurang lebih 1 kilometer dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter. Serta permukiman warga di sekitar Dukuh Ledokan dan pemukiman warga RT 16, 17, 18, 20 dan RT 22 dengan ketinggian air sekitar 20 sampai 30 cm. 

“Sebagian besar bangunan rumah warga sekitar sudah ditinggikan dan membuat tanggul darurat depan rumah,” ujar warga Desa/Kecamatan Dander, Widodo.

Baca Juga: Banjir di Bojonegoro Surut Setelah 4 Hari

Hingga kini genangan air sudah mulai berangsur surut sekitar pukul 21.00 WIB. Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah selatan Bojonegoro itu juga sudah reda. Sejumlah warga yang terdampak, langsung melakukan pembersihan rumah. bjn-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU