Home / Peristiwa : Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024

Kapolres Blitar Kota Kunjungi 9 Kecamatan

author Lestariyono Blitar

- Pewarta

Senin, 19 Feb 2024 16:56 WIB

Kapolres Blitar Kota Kunjungi 9 Kecamatan

i

Petugas PPK lakukan perhitungan Rekapitulasi Surat Suara. SP/Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Mulai hari ini Senin (19/2)seluruh KPU serempak melaksanakan rekapitulasi perhitungan suara di masing masing tingkat kecamatan, termasuk wilayah Kota Blitar. Sementara untuk wilayah Kota Blitar ada di 3 Kecamatan yakni Kecamatan Sananwetan, Sukorejo dan Kecamatan Kepanjènkidul, untuk diketahui bahwa di 3 Kecamatan ada 162 TPS yang tersebar di masing masing kelurahan, sedang 6 Kecamatan ada di wilayah Kabupaten Blitar masuk Wilayah hukum Polres Blitar Kota.

Dalam rekapitulasi perhitungan suara yang terdiri dari Capres/Cawapres, DPR, DPD dan Caleg DPRD Tk I dan Caleg DPRD Tk II diawali perhitungan suara Capres/Cawapres sesuai urutan dalam kartu surat suara.

Baca Juga: Polres Blitar Kota Ungkap Peredaran Obat Petasan, Dua Pelaku Diamankan

"Pagi ini kami bersama PJU dan para Kapolsek jajaran Polres Blitar Kota melaksanakan patroli sekaligus memantau rekapitulasi hasil perhitungan surat suara hasil pemilihan umum serempak pada Rabu 14 Februari 2024 tingkat PPK di setiap kecamatan," kata Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo PS.SH S.IK pada Wartawan.

Tampak dalam perhitungan rekapitulasi surat suara, petugas PPK di setiap kecamatan menunjukan rekapan surat suara yang akan dihitung sebelumnya ditujukan kepada seluruh saksi saksi yang hadir dalam rekapitulasi.

"Betul hari ini Senin 19 Februari 2024 seluruh PPK di 3 Kecamatan laksanakan rekapitulasi penghitungan surat suara dan sesuai urutan perhitungan rekap dimulai dari surat suara untuk capres cawapres, dengan disaksikan para saksi, untuk waktu setiap surat suara komitmen untuk waktu termasuk persetujuan saksi," terang Anggota KPU Kota Blitar Ninik Sholikah.

Baca Juga: Polres Blitar Kota Ungap Kasus Prostitusi Online, Amankan 7 Tersangka Salah Satunya Pasutri

Sementara dalam rekapitulasi perhitungan surat suara yang dimulai hari Senin 19 Februari 2024 akan berlangsung sampai pada hari Sabtu 24 Februari 2024 yang akan menghasilkan jumlah perolehan suara di masing-masing TPS yang berjumlah 162 TPS di 3 Kecamatan.

Disinggung tentang keamanan dalam rekapitulasi di wilayah Hukum Polres Blitar Kota  AKBP Danang menegaskan bahwa situasi sebelum pelaksanaan pemilu 2024 baik dari musim kampanye  sampai pelaksanaan coblosan (pemilihan hak suara) dan rekapitulasi perhitungan surat suara, seluruh wilayah Hukum Polres Blitar Kota tertib aman dan damai.

Baca Juga: Satlantas Polres Blitar Kota Lakukan Survei Pengaturan Arus Lalu Lintas

"Dengan persiapan persiapan keamanan yang matang dalam pelaksanaan Pemilu 2024, Alhamdulillah wilayah hukum Blitar Kota suasana sejuk tertib aman dan damai terlaksana, sekaligus tak lepas dari masyarakat yang mendukung kondusifitas keamanan walau beda pilihan, termasuk para aparat keamanan dengan sigap humanis dalam melaksanakan tugasnya, untuk wilayah Blitar Kota ada 9 kecamatan, saya sampaikan terima kasih atas dedikasi petugas keamanan juga PPK KPPS dan PPS yang rela tinggalkan keluarga demi lancar dan suksesnya Pemilu 2024 yang tertib aman dan damai, benar rekapitulasi akan berakhir sampai 24 Februari 2024," pungkas orang nomor satu di jajaran Polres Blitar Kota ini.

Dalam pemantauan rekapitulasi di 9 kecamatan, Kapolres Blitar Kota didampingi seluruh perwira dan kasat sekaligus dengan ke 9 kapolseknya dan kunjungan di awali pukul 08.00 dari Polsek Sananwetan dan diakhiri dari Polsek Sanankulon pukul 15.00. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU