Siap-siap Sambut Musim Lebaran, BUMN Bakal Gelar Mudik Gratis Lagi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 22 Feb 2024 11:17 WIB

Siap-siap Sambut Musim Lebaran, BUMN Bakal Gelar Mudik Gratis Lagi

i

Ilustrasi mudik gratis di musim lebaran.SP/ Kemenhub

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Menyambut musim mudik lebaran tahun 2024 kali ini, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Kemen BUMN) menegaskan bakal menggelar kembali program mudik gratis, dengan menambah kuota diperkirakan mencapai 80.000 orang peserta.

Menurut Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, program tersebut memfasilitasi peserta dengan moda transportasi bus dan kereta api di bawah koordinasi PT Jasa Raharja.

Baca Juga: Libur Hari Raya, Harga Suku Cadang Naik 40 Persen dari Harga Normal

"Ada, ada (mudik gratis)," jelas Arya, Kamis (22/02/2024).

Disatu sisi, adanya program mudik bersama BUMN salah satu upaya BUMN untuk mewujudkan peran nyata dalam membantu masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik ke kampung halamannya.

Program mudik bersama yang diikuti 24 BUMN akan diberangkatkan dari berbagai titik-titik pemberangkatan, baik di terminal, stasiun maupun pelabuhan.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024, Fenomena Tilang Elektronik Alami Peningkatan 15,9%

Diketahui sebelumnya, pada 2023, Kemen BUMN menggelar program mudik gratis dengan menyediakan sebanyak 65.603 lebih kuota pemudik dalam kegiatan bertajuk Mudik Gratis bersama BUMN itu.

Untuk moda transportasi bus pada mudik Lebaran 2023 tercatat sebanyak 1.009 armada bus dengan jumlah pemudik sebanyak 46.523 pemudik, dengan rute Wonogiri, Surakarta, Klaten, Kebumen, Purworejo, Sragen, Boyolali, Ngawi, Grobogan.

Baca Juga: Lansia Terlantar di Bungurasih, Dinsos Jatim Berhasil Pertemukan dengan Keluarga

Sedangkan, untuk moda transportasi kereta tercatat sebanyak 30 rangkaian yang memfasilitasi 15.658 pemudik dengan rute Surabaya, Malang, Blitar, Solo, Yogyakarta.

"Melalui mudik bersama BUMN, kami mengalihkan ribuan pengguna kendaraan, terutama sepeda motor, ke moda transportasi umum seperti bus, kereta api, dan kapal laut yang memenuhi standar keselamatan transportasi, sehingga masyarakat dapat merasakan mudik yang aman dan nyaman,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir. jk-04/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU