Tanpa Tes, UNESA Buka Golden Ticket Bagi Siswa Berprestasi

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Kamis, 22 Feb 2024 18:07 WIB

Tanpa Tes, UNESA Buka Golden Ticket Bagi Siswa Berprestasi

i

UNESA menyiapkan golden ticket bagi siswa berprestasi pada jalur penerimaan mahasiswa baru tahun 2024. SP/ UNESA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Ada banyak kesempatan masuk perguruan tinggi negeri. Pasalnya, sejumlah kampus seperti Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyiapkan golden ticket bagi siswa berprestasi pada jalur penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 ini.

Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa UNESA, Dr. Sukarmin, M.Pd., dalam UNESA Virtual Campus Expo (UVCE) beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa golden ticket diperuntukan bagi putra-putri terbaik yang memperoleh juara atau prestasi tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga: Unesa Terima 4.733 Camaba Lewat Jalur SNBP 2024

Golden ticket ini, beber Sukarmin, termasuk kategori jalur mandiri yang proses seleksinya dilakukan secara bertahap. Pendaftarannya sudah dibuka melalui laman, https://forms.gle/SarrAn2vBdhMei8C6. Peserta yang sudah mendaftar akan diverifikasi dan diwawancarai tim UNESA di awal bulan.

Dengan kata lain, peserta yang mendaftar Februari ini nanti akan diverifikasi pada awal Maret. Begitu seterusnya sampai masa seleksi jalur mandiri.

Baca Juga: UNESA Sajikan Buka Puasa Gratis untuk 2500 Orang Setiap Hari

"Jalur tiket emas ini memiliki kelebihan seperti, sudah jelas tanpa tes, kemudian dari aspek biaya setara jalur prestasi nasional atau SNBP-SNBT alias peserta tidak dikenai biaya SPI, bahkan jika bagus prestasinya bisa bebas UKT delapan semester," bebernya.

Dosen kelahiran Magetan itu melanjutkan bahwa sebagai catatan golden ticket ini hanya diperuntukkan bagi prodi-prodi non-kedokteran. Adapun mekanisme yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

Baca Juga: KJRI Jeddah Beri Amanah UNESA untuk Kembangkan Model Kurikulum Pendidikan Sekolah Urban

Pertama, pendaftar merupakan siswa-siswi kelas XII pada tahun ajaran 2023/2024. Kedua, memiliki sertifikat juara atau prestasi minimal tingkat nasional. Ketiga, berkomitmen dan bersedia mengembangkan prestasi yang dimiliki saat kuliah.

Adapun tahapan pendaftarannya sebagai berikut: (1) Membuka laman https://forms.gle/SarrAn2vBdhMei8C6. (2) Mengisi data seperti nama, NISN dan sekolah. (3) Memilih prodi yang diminati. (4) Mengisi daftar prestasi dan mengupload sertifikat prestasi. Maksimal tiga prestasi terbaik minimal tingkat nasional. (5), periksa kembali data yang diisi, setelah itu klik 'kirim'. Ain

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU