KPU Jatim Minta Masyarakat Tunggu Hasil Manual Penghitungan Suara

author Riko Abdiono

- Pewarta

Kamis, 22 Feb 2024 19:51 WIB

KPU Jatim Minta Masyarakat Tunggu Hasil Manual Penghitungan Suara

i

Ketua KPU Jatim Aang Khunaifi. SP/Riko Abdiono

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Amburadulnya sistem penghitungan suara pemilu melalui elektronik atau siRekap menuai protes dari para peserta Pemilu. Perolehan angka caleg yang sudah diposting di website resmi pemilu2024.kpuri.go.id tidak relevan dengan penghitungan manual.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur periode 2024 - 2029 Aang Khunaifi meminta Masyarakat dan para Caleg peserta Pemilu 2024 tidak hanya memantau pada hasil SiRekap saja.  Karena Sirekap bukan acuan utama untuk menentukan perolehan suara partai politik atau calon anggota legislatif (Caleg). Menurutnya Sirekap hanya alat bantu penghitungan suara Pemilu.  

Baca Juga: Krisdayanti Gagal Ikuti Arzeti, Ahmad Dhani dan Crazy Rich Surabaya Lolos

"Jadi yang menjadi acuan menentukan perolehan suara tetap dari proses manual yang didasarkan pada formulir C-Hasil yang dihitung di TPS dan direkap secara berjenjang mulai kecamatan, Kabupaten/Kota hingga KPU RI," jelas Aang, usai sertijab dengan Komisioner periode sebelumnya di Jl Tenggilis Surabaya, 22/2/2024.

Mantan Komisioner Bawaslu Jatim ini  menambahkan pihaknya akan melakukan monitoring dan supervisi untuk memastikan proses rekapitulasi berjalan dengan lancar. Selain itu juga menutup ruang kesalahan mulai dari tulis hingga hitung yang saat ini masih berlangsung hingga awal Maret mendatang.  

"Untuk proses rekapitulasi ini tetap berlangsung meskipun di daerah-daerah yang ada Pemungutan Suara Ulang (PSU). Artinya PSU tidak mengganggu proses rekapitulasi," katanya. 

Baca Juga: Angka Golput di Jatim Turun Dibandingkan dari Pemilu Sebelumnya

KPU Jatim juga menunggu arahan dari KPU RI untuk menyikapi protes dari Partai Politik. “Ya nantinya  KPU RI akan menanggapi surat Partai politik tentang persoalan SiRekap ini. Kita menunggu arahan dari pusat,” ujarnya. 

Dalam sertijab komisioner KPU Jatim tersebut dihadiri seluruh komisioner KPU Jatim periode 2019-2024. Seperti Choirul Anam, Gogot Cahyo Baskoro, Miftahur Rozak (kembali terpilih), Insan Qoriawan dan Nurul Amalia. Hadir juga Sekretaris KPU Jatim Nanik Karsini. 

Baca Juga: Seleksi Ketat Awali Pendaftaran Calon Anggota KPU 36 Kab/Kota se-Jatim

“KPU Jatim mengalami lompatan penting dalam capaian prestasi dan kinerja. Semoga dengan estafet Komisioner KPU Jatim ini semakin memberikan pelayanan terbaik,” ujar Nanik.

Sementara itu, Choirul Anam mantan Ketua KPU Jatim mengatakan optimis Komisioner Jatim yang baru ini akan bisa melanjutkan seluruh tahapan pemilu yang sudah jalan. “Tidak perlu adaptasi lama untuk meneruskan pelaksanaan Pemilu 2024,” sebut Anam. rko

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU