Hari Kelima Banjir di Trosobo, Dinsos Jatim Siapkan 1500 Bungkus untuk Warga Terdampak

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Jumat, 23 Feb 2024 18:22 WIB

Hari Kelima Banjir di Trosobo, Dinsos Jatim Siapkan 1500 Bungkus untuk Warga Terdampak

i

Tim Tagana Dinas Sosial mendirikan dapur umum (DU) memproduksi 1.500 bungkus. SP/AINI

SURABAYAPAGI, Surabaya - Bencana banjir di wilayah Trosobo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo telah memasuki hari ke 5 (kelima), guna untuk memasok kebutuhan makanan warga terdampak tim Tagana (Taruna Siaga Bencana) Dinas Sosial (Dinsos) mendirikan dapur umum (DU).

DU Tagana tersebut masih beroperasi untuk memenuhi permakanan warga terdampak banjir. Diketahui, untuk makan pagi ini, Jumat, (23/2/2024) DU memproduksi 1.500 bungkus.

Baca Juga: Stok Protein Hewani di Jatim Dipastikan Aman hingga Selesai Lebaran 2024

Kepala Dinsos Jatim Restu Novi Widiani menyebut DU Tagana ini telah beroperasi sejak Senin (19/2/2024) dan memenuhi permakanan warga terdampak 3 kali sehari.

"Hari Senin-Rabu, kami memenuhi makan tiga kali sehari, 3 ribu bungkus untuk setiap kali makan. Di hari kelima ini, karena kondisi sudah aman, DU memproduksi 1.500 bungkus, hanya untuk pagi hari. Banyak warga yang sudah bisa beraktivitas memasak untuk keluarga. Mereka pun diberikan natura untuk memasak sendiri," jelas Novi, usai meninjau lokasi banjir di Trosobo itu, Sidoarjo, pada Jumat, (23/2/2024).

Baca Juga: Menuju Jatim Inklusif Bencana, BPBD dan Opdis Libatkan Difabel dalam Program Siap Siaga

Lanjut Novi, selama lima hari beroperasi, DU ini telah mengoptimalkan personel dari Tagana Sidoarjo dan Tagana Dinsos Jatim.

Selain itu, Dinsos Jatim juga memberdayakan pilar sosial lainnya seperti Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan SDM Program Keluarga Harapan (PKH). Ada pula dukungan personel dari Pramuka dan kader PKK.

Baca Juga: 16 Titik di Kota Malang Terendam Banjir

"Alhamdulillah kami dapat support luar biasa dari OPD terkait, seperti BPBD Jatim dan Disnakertrans. CSR Sampoerna juga ikut mendukung kegiatan DU kami," pungkasnya. Ain

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU