Kelurahan Gebang Gelar Pertunjukan Wayang Kulit Semalam Suntuk

author Redaksi

- Pewarta

Minggu, 25 Feb 2024 16:56 WIB

Kelurahan Gebang Gelar Pertunjukan Wayang Kulit Semalam Suntuk

i

Ruwat Dusun kelurahan Gebang Sidoarjo 

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Kelurahan Gebang Kecamatan Sidoarjo mengadakan ritual sedekah bumi atau yang dikenal dengan ruwat desa.

Pagelaran wayang kulit menjadi pelengkap kegiatan ritual ruwat desa.Ruwat desa kurang lengkap tanpa wayang kulit, ujar Sayudi Kepala Kelurahan Gebang  disela acara Ruwatan, Sabtu (24/2).

Baca Juga: Proyek Miliaran Tak Transparan, Anggaran Desa Penambangan Diduga Diselewengkan

Kegiatan diawali dengan khataman Alquran, kirab ke makam  leluhur Kelurahan Gebang, istighosah, tahlil untuk mengenang para leluhur Kelurahan Gebang, doa utama ditujukan kepada leluhur   yang telah memberikan pengorbanan untuk anak cucu kita semua.

Warga Kelurahan Gebang sangat antusias memadati  Halaman  makam  Sesepuh atau yang pertama membabat alas,Dusun Gebang , Kelurahan Gebang tempat berlangsungnya kegiatan ruwatan dan pagelaran wayang kulit.  

Mereka datang langsung untuk melihat pertunjukan pagelaran wayang kulit, yang diperankan oleh dalang kondang Ki Pringgo Jati  Rachmanu  dari   Sidoarjo 

Menurut Kepala Kelurahan Gebang Sayudi SH , Peran wayang sebagai simbol untuk meruwat dan mengusir balak Kelurahan  Gebang,kemudian dilanjutkan pagelaran wayang kulit pada malam harinya semalam suntuk. 

Baca Juga: Kades dan Pimpinan DPRD Sidoarjo Disomasi Pembeli Tanah

Acara tersebut dihadiri Camat Sidoarjo, Koramil  Sidoarjo, Polsek Sidoarjo ,   BPD, LPMD, Tokoh masyarakat, RT, RW, Tm PKK desa, Karang Taruna  dan masyarakat Kelurahan Gebang.

Masih menurut  Kepala Kelurahan Gebang kegiatan ruwatan sudah menjadi tradisi rutin masyarakat Sidoarjo, khususnya warga Kelurahan Gebang.

Masyarakat meyakini, dengan kegiatan ruwat desa, masyarakat dihindarkan dari segala bentuk balak bencana oleh tuhan yang maha Esa. Serta, diberikan kesejahteraan dan kemakmuran.

Baca Juga: Gus Muhdlor Gelar Open House untuk Masyarakat, 15.000 Porsi Makanan Disiapkan

Sedekah bumi memang bisa menghindarkan dari segala musibah, jadi kalau ruwat desa, insya Allah, desa dan masyarakat ini bisa terhindar dari segala bentuk musibah dan bencana , tuturnya 

"Sayudi SH Kepala Kelurahan Gebang,berharap dengan Ruwat Dusun  ini mampu menjadikan warga  Kelurahan Gebang guyub, rukun, dan sejahtera. Untuk itu, nilai-nilai kebudayaan yang saat ini masih kental juga harus tetap dijaga dan rutin dilaksanakan, Pemuda Kelurahan Gebang dan anak-anak perlu diajak untuk ikut serta dalam tradisi Ruwah  supaya generasi muda mengenal tradisi  seperti ini," tuturnya. Man/hik

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU