Panen Raya Maret, Bapanas: Harga Beras Dipastikan Turun saat Ramadhan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 29 Feb 2024 10:55 WIB

Panen Raya Maret, Bapanas: Harga Beras Dipastikan Turun saat Ramadhan

i

Ilustrasi. Petani tengah panen padi di sawah. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Memasuki musim panen pada bulan Maret yang sebentar lagi, pihak Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan harga beras nasional akan turun saat Ramadhan.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengatakan, penurunan harga gabah ini akan terus berlangsung selama masa panen, termasuk pada bulan Ramadhan.

Baca Juga: 217 Pos Kesehatan Tersebar di 35 Kabupaten/Kota Jatim Selama Musim Mudik Lebaran

"Minggu-minggu ini panen lokal sudah dimulai, sehingga harga gabah akan berangsur turun. Sedangkan, jelang puasa tanggal 9 sampai 10 Maret sampai Lebaran, kami pastikan beras itu aman,” jelas Arief, Kamis (29/02/2024).

Lebih lanjut Arief menjelaskan saat ini gabah masih dibanderol Rp 8.600 sampai Rp 8.700 per kg, sementara saat panen raya, harga gabah akan turun pada Rp 6.500 hingga Rp 8.000 per kg.

Dia menjelaskan, harga beras merupakan harga gabah yang dikalikan dua, sehingga nantinya setelah musim panen merata di daerah lumbung padi Indonesia, beras bisa dibanderol Rp 13.000 hingga Rp 16.000 per kg.

Baca Juga: Aksi Heroik Sang Petualang Mudik Gunakan Sepeda Motor Antar Pulau

Arief juga mewanti-wanti untuk tidak menyebut harga gabah anjlok saat mengalami penurunan harga pada musim panen nanti. Lantaran, selama harga gabah masih di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP), maka petani dipastikan masih memperoleh keuntungan.

“Itu yang pemerintah akan jaga, sehingga antara hulu dan hilir seimbang,” pungkas Arief.

Di sisi lain, Arief juga memastikan, selama Ramadan masyarakat tidak akan kesulitan mendapatkan beras.

Baca Juga: Libur Lebaran, Pengurusan Paspor Kantor Imigrasi Kelas I Surabaya Tutup Selama 8 Hari

“Rata-rata kebutuhan nasional itu 2,5 juta ton sampai 2,6 juta ton sebulan, biasanya kenaikan angkanya lebih dari 20 sampai 30 persen (selama Ramadan), beras ini ada dan kita siapkan,” jelas Arief.

Sebagai informasi, HPP gabah kering panen (GKP) di petani adalah Rp 5.000 per kg, GKP di penggilingan Rp 5.100 per kg, Gabah Kering Giling (GKG) di penggilingan Rp 6.200 per kg, GKG di gudang Bulog Rp 6.300 per kg, berdasarkan Perbadan Nomor 6 Tahun 2023 Tentang Harga Pembelian Pemerintah dan Rafaksi Harga Gabah dan Beras. jk-02/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU