Home / Peristiwa : Ekspor Test Market Produk UMKM Sumenep ke Malaysia

Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 24 Mar 2024 20:21 WIB

Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

i

Bupati Kab. Sumenep, H. Achmad Fauzi Wongsojudo, SH, MH, saat survey lokasi Bazar Takjil Produk lokal UMKM Kab. Sumenep. SP/Ainur Rahman

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep Madura, menyajikan sederet program peningkatan perekonomian masyarakat utamanya pelaku UMKM dan peningkatan keimanan serta ketaqwaan terhadap Allah SWT.

Bupati Sumenep, H. Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, pada bulan puasa kita tidak lantas mengendorkan kinerja pemerintah untuk berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat, melainkan justru harus lebih semangat. 

Baca Juga: Pasokan Migor Curah Menipis, Kemendag: Masih Mencukupi, Bisa Pakai ‘Second Brand’

Sehingga kata dia, dihadirkan program-program peningkatan perekonomian seperti bazar takjil Ramadhan dan bagi-bagi takjil secara gratis yang melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sumenep. Jelasnya

Dikatakan Bupati, di dalam lapak bazar takjil Ramadhan, Ia meminta agar para pedagang menjual makanan dan minuman sesuai dengan ketentuan, jangan sampai ada Mamin kadaluarsa yang dijual. Oleh karena itu, sambungnya, demi keamanan konsumen,  para petugas secara dadakan nantinya akan mengecek di bazar takjil Ramadhan. Tegasnya

Ia juga mengatakan, Sejumlah produk UMKM Kabupaten Sumenep mulai di uji coba dan  dipasarkan ke luar negeri. Kali ini, ekspor test market produk UMKM Sumenep ke Malaysia, dengan beberapa produk unggulan khas Madura, seperti, tepung maronggi, stik maronggi rasa bawang, stik maronggi rasa original, maronggi celup, jagung palotan, rengginang goreng, amplang stik, sambal lombok hijau, sambal petis, keripk pisang manis, dan krispy ikan kering. Urainya.

Baca Juga: Perajin Kaligrafi di Tulungagung Banjir Pesanan, Tembus Qatar dan Amerika

Bupati Sumenep, mengatakan langkah ini sebagai upaya untuk mengembangkan jaringan pemasaran produk UMKM. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan demi meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep.

Sementara itu, Kepala Disbudporapar, Kab. Sumenep, Mohammad Iksan, menyampaikan bahwa, pelaku UMKM, memang harus dirangkul semuanya.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

Sebab, mereka merupakan salah satu penggerak perekonomian. Sehingga, sangat wajar jika mereka dilibatkan di setiap kegiatan Event Pemkab, jadi, kata dia, calendar of event ini bukan hanya sebagai promosi wisata saja, tetapi juga sarana untuk meningkatkan sektor ekonomi mereka.

”Makanya, setiap kegiatan calendar of event itu kami menyediakan tempat untuk pelaku UMKM. Karena kami ingin mendorong peningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya. AR

Editor : Moch Ilham

Tag :

BERITA TERBARU