Ratusan Pemudik asal Madura Padati Pelabuhan Jangkar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Apr 2024 19:19 WIB

Ratusan Pemudik asal Madura Padati Pelabuhan Jangkar

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Ratusan calon penumpang kapal feri mudik gratis tujuan Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, melalui Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, sudah tiba di pelabuhan dan langsung menukarkan tiket gratis yang telah diperoleh.

Sebelumnya, mereka telah mendaftarkan diri secara daring untuk mendapatkan kuota penyeberangan kapal laut mudik gratis Lebaran 2024 Program Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024, Fenomena Tilang Elektronik Alami Peningkatan 15,9%

"Untuk tiket mudik gratis Lebaran tahun ini, dibuka dua jalur tiket, baik online maupun offline, karena masih banyak warga Pulau Raas yang datang langsung ke pelabuhan untuk mendapatkan tiket mudik gratis," ujar Kepala Seks Teknik Kepelabuhan UPT Pelabuhan Pengumpan Regional Banyuwangi Wilayah Situbondo Tri Wahyono di Situbondo, Jatim, Selasa (2/4).

Ia menjelaskan bahwa penawaran tiket mudik gratis penyeberangan bagi penumpang tujuan Pulau Raas ini tidak membutuhkan waktu yang lama dan tiket cepat habis. Bahkan masih banyak yang berharap, tiket gratis kembali dibuka untuk penyeberangan berikutnya.

"Antusias warga kepulauan untuk mendapatkan tiket penyeberangan ke Raas memang cukup tinggi, karena warga Raas yang bekerja di Bali sudah mulai mudik ke kampung halamannya," tutur Tri Wahyono.

Geliat mudik warga kepulauan Madura, lanjut Tri Wahyono, sudah terlihat sejak sepekan lalu, melalui pemesanan tiket kapal penyeberangan ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep, yakni Pulau Raas, Sapudi, Kalianget dan Pulau Kangean.

Baca Juga: Lansia Terlantar di Bungurasih, Dinsos Jatim Berhasil Pertemukan dengan Keluarga

"Arus mudik Lebaran tahun ini bisa kami pantau melalui pembelian tiket secara daring, yang mulai sibuk dikunjungi calon penumpang," tuturnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memfasilitasi mudik dan balik gratis Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah bagi warga Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, dengan menyediakan satu unit kapal laut diberangkatkan dari Pelabuhan Jangkar.

Pemprov Jatim menyediakan satu unit kapal yakni KMP Wicitra Dharma I untuk mengangkut pemudik secara gratis rute Jangkar-Raas.

Baca Juga: Kompromi dengan Pemudik

Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan angkutan mudik dan balik gratis bagi warga Pulau Raas, itu dilaksanakan mulai Selasa ini.

Mudik gratis diberangkatkan dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas, sebanyak empat trip (empat kali keberangkatan) pulang pergi (PP), yakni pada tanggal 2, 4, 6 dan 8 April 2024. St-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU