Stok Protein Hewani di Jatim Dipastikan Aman hingga Selesai Lebaran 2024

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 03 Apr 2024 18:31 WIB

Stok Protein Hewani di Jatim Dipastikan Aman hingga Selesai Lebaran 2024

SURABAYAPAGI, Surabaya - Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur Indyah Aryani menegaskan bahwa kondisi stok bahan pangan khususnya protein hewani jelang lebaran sampai selesai Lebaran di Jatim  dalam kondisi aman bahkan surplus. 

Pihaknya menegaskan bahwa di momen Lebaran 2024 memang akan ada peningkatan permintaan kebutuhan protein hewani. Karena pasti banyak masyarakat yang melakukan selametan untuk lebaran. 

Baca Juga: Tiga Daerah di Jatim Masuki Tahap Panen Raya

Meski begitu, Indyah menegaskan bahwa kondisi stok dan ketersediaan bahan pokok protein hewani di Jatim dalam kondisi yang sangat cukup bahkan dalam kondisi yang surplus. 

“Kita pastikan bahwa ketersediaan protein hewani baik untuk telur ayam, daging ayam, dan daging sapi kita sangat aman. Bahkan kondisinya surplus,” kata Indyah, Rabu (3/4). 

 “Misalnya untuk daging sapi stok kita sampai akhir April itu mencapai 36 ribu ton. Sedangkan kebutuhannya sekitar 11 ribu ton. Sehingga ada surplus 24 ribu ton,” imbuhnya.

Kemudian untuk daging ayam, Indyah mengatakan stok sampai akhir April 171 ribu ton sedangkan kebutuhannya adalah 42,7 ribu ton sehingga surplus 128 ribu ton.

Baca Juga: Mentan Amran Sulaiman Salurkan Bantuan Alsintan Lebih dari Rp200 Miliar untuk Petani Jatim

Sedangkan untuk stok telur ayam mencapai 72,3 ribu ton dengan kebutuhan 56,7 ribu ton sehingga surplus 16 ribu ton. 

“Dengan kondisi tersebut kita masih bisa memasok kebutuhan protein hewani untuk daerah di sekitar Jawa Timur,” tegas Indyah. 

Lebih lanjut pihaknya menegaskan bahwa dari segi harga, Disnak juga menjamin bahwa kondisi harga protein hewani akan sangat aman di Jawa Timur.

Baca Juga: UPTD Liponsos Jember Overload Tangani Lansia dan ODGJ, Dinsos Jatim Turun Tangan

Misalnya untuk daging sapi harga stabil di angka Rp 117 ribu. Kemudian daging ayam ada di harga Rp 25 ribu. Sedangkan untuk telur ayam stabil di angka Rp 24,2 ribu per kilogramnya.

Memang harga telur ayam sempat mengalami gejolak. Dikatakan Indyah hal tersebut dikarenakan adanya kenaikan harga pakan yang dipengaruhi kondisi global. 

“Tapi sudah kembali normal. Sekarang harga jagung juga sudah turun di angka Rp 5000 per kg. Jadi kita harapkan semua dalam kondisi stabil hingga selesai lebaran,” tegasnya.sb/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU