H-3 Lebaran: Pj Gubernur Adhy Karyono Berangkatkan 3.840 Penumpang Mudik Gratis

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Senin, 08 Apr 2024 09:06 WIB

H-3 Lebaran: Pj Gubernur Adhy Karyono Berangkatkan 3.840 Penumpang Mudik Gratis

i

95 bus mengangkut penumpang mudik gratis diberangkatkan pada Minggu, (7/4/2024) di depan kantor Dishub Jatim. SP/ AINI

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, memimpin acara pemberangkatan Mudik Bareng Gratis 1445 Hijriah/2024 Masehi di depan Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur, Surabaya, Minggu, (7/4/2024).

Mudik gratis kali ini ada sebanyak 96 unit bus dengan total 3.840 penumpang berangkat menuju kampung halaman masing-masing.

Baca Juga: KPPU Surabaya Pantau Komoditas Bawang Putih di Pasar Pabean

Adhy bersama pejabat lainnya, termasuk Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Bobby Soemiarsono, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim Nyono, dan Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Timur Tamrin Silalahi, mengibaskan bendera sebagai tanda pemberangkatan.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Adhy menyatakan kebanggaannya atas antusiasme masyarakat terhadap program Mudik dan Balik Gratis ini. Namun, ia juga mengakui kekurangan dalam menyediakan armada bus yang memadai untuk memenuhi permintaan tinggi tersebut.

"Kami bangga bisa menyelenggarakan mudik gratis ini, semoga bermanfaat bagi masyarakat. Meski demikian kami merasa kurang karena animo masyarakat sangat tinggi. Seperti mudik gratis diberangkatkan dari Jakarta yang awalnya 23 bus, ternyata tambah lagi 27," kata Adhy.

Program ini, menurut Adhy, akan dievaluasi untuk tahun depan dengan harapan adanya partisipasi lebih besar dari berbagai pihak, termasuk masyarakat dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

"Mudah-mudahan tahun depan akan lebih banyak lagi dan ada partisipasi dari dunia usaha atau masyarakat yang mampu. Harus ada juga kolaborasi dari Pemda baik kabupaten / kota yang menyumbangkan busnya. Karena ini sebenarnya masyarakat bupati/walikota juga," jelasnya.

Baca Juga: Teknologi Pendidikan UNESA Beri Pelatihan Video Interaktif di SDN Manukan Kulon Surabaya

Adhy juga mengingatkan akan pentingnya keselamatan dalam perjalanan, terutama mengingat tingginya jumlah kecelakaan yang terjadi selama musim mudik.

Dia menekankan bahwa Mudik Gratis ini dapat menjadi solusi untuk meminimalisir risiko kecelakaan dengan menyediakan alternatif transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

Selain itu, Adhy juga meminta para pemilik destinasi wisata untuk mempersiapkan mitigasi dan meningkatkan kewaspadaan mengingat pusat kemacetan diprediksi terjadi di beberapa lokasi wisata populer di Jawa Timur.

Pada akhir acara, Adhy memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Mudik Bareng Gratis, termasuk para mitra yang menyediakan bus dan dukungan lainnya.

Baca Juga: Festival Rujak Uleg 2024: Vampire hingga Badarawuhi Hadir di Balai Kota Surabaya

Perlu diketahui, rute Mudik Gratis kali ini meliputi Surabaya - Madiun dengan 8 bus, Surabaya - Magetan 10 bus, Surabaya - Ponorogo 17 bus, Surabaya - Nganjuk (via arteri) 3 bus, Surabaya - Tulungagung 3 bus, Surabaya - Blitar (via Pare) 1 bus, Surabaya - Trenggalek 8 bus, Surabaya - Pacitan 13 bus, Surabaya - Jember 5 bus, Surabaya - Malang - Blitar 2 bus, dan Surabaya - Banyuwangi (via Jember) 8 bus.

Kemudian, Surabaya - Banyuwangi (via Situbondo) sehanyak 4 bus, Surabaya - Ngawi 8 bus, Surabaya - Tuban 1 bus, Surabaya - Sumenep 2 bus, serta Surabaya - Bojonegoro 2 bus.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Adhy juga menyerahkan BPJS Ketenagakerjaan kepada para sopir dan kernet sebagai bentuk perhatian terhadap keselamatan mereka selama perjalanan. Ain

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU