2024, Dishub Kembali Launcing Dua Koridor Bus Trans Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 17 Apr 2024 18:15 WIB

2024, Dishub Kembali Launcing Dua Koridor Bus Trans Jatim

i

Bus Trans Jatim. SP/JATI

SURABAYAPAGI, Surabaya - Dinas Perhubungan Jawa Timur menargetkan melaunching 2 koridor Bus Trans Jatim tahun ini. Yakni Koridor IV yakni Bunder (Gresik) - Paciran (Lamongan) dan Koridor V yakni Surabaya Bangkalan.

"Koridor IV akan dilaunching bulan Agustus, sedangkan koridor V bulan Oktober mendatang," ujar Kepala Dishub Jatim Nyono, dikonfirmasi, Rabu (17/4).

Baca Juga: Semarak HLUN ke 28, Dinsos Jatim Sajikan 'Sate Lansia' di Tujuh Kabupaten

Lebih lanjut Nyono mengatakan pihaknya menyediakan 15 unit bus pada Koridor IV. Yakni 14 unit beroperasi dan 1 unit cadangan. "Untuk armada ini kita lihat perkembangan report demand (laporan permintaan) dulu. Jadi nantinya koridor ini start mulai Bunder Gresik hingga Pelabuhan Paciran Lamongan hanya dikenakan tarif Rp5000," jelasnya.

Baca Juga: Hendak Study Tour, Dishub Kota Mojokerto Siap Bantu Cek Bus Sebelum Keberangkatan

Nyono mengaku cikal bakal koridor IV ini lantaran banyaknya keluhan masyarakat yang mengeluh sulitnya mendapatkan kendaraan umum ketika sambang pondok ke Kawasan Paciran Lamongan. "Nantinya bus ini akan melewati Sedayu hingga Pelabuhan Paciran. Jadi kalau mau ke WBL (Wisata Bahari Lamongan) bisa turun di depan langsung," katanya.

Sementara itu untuk Koridor V (Surabaya - Bangkalan), lanjut Nyono, akan melewati Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya, kemudian Suramadu, dan kawasan Makam Syaikhona Kholil Bangkalan Madura. "Jadi Bus Trans Jatim koridor V ini memang bisa digunakan sebagai sarana wisata religi," katanya.

Baca Juga: Dishub Jatim Segera Pamerkan Bus Luxury Trans Jatim untuk Koridor 1 dengan Tarif Rp 20 ribu

Nyono menambahkan jumlah armada yang disediakan untuk koridor ini adalah 15 unit. Yakni 14 beroperasi dan 1 untuk cadangan. Untuk mendukung rute sepanjang 59 km, Bus Trans Jatim Surabaya - Bangkalan akan disediakan 8 halte di rute yang dilalui.sb/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU