''Xanadu 2.0'' Rumah Bill Gates Seharga Rp 1,8 Triliun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 23 Apr 2024 19:31 WIB

''Xanadu 2.0'' Rumah Bill Gates Seharga Rp 1,8 Triliun

i

Teknologi ramah lingkungan di Rumah Bill Gates. SP/flickr.com

SURABAYAPAGI, Jakarta -  Bill Gates memiliki rumah yang mewah serta luas mencapai 6.130 meter persegi. Ia membutuhkan tujuh tahun dan biaya 63 juta dolar atau sekitar Rp 932 miliar untuk membangun rumahnya yang terletak di Medina, Washington, Amerika Serikat. Medina, sendiri adalah kota pinggiran yang juga menjadi rumah bagi beberapa orang terkaya di planet ini.

Rumah Gates yang mewah ini dinamai "Xanadu 2.0" yang merujuk pada rumah fiksi Charles Foster Kane, karakter utama yang dimainkan oleh Orson Welles dalam film "Citizen Kane". Rumah Gates pun tampak sangat besar dan dipenuhi dengan perangkat teknologi tinggi.

Baca Juga: Bill Gates, Orang Sangat Kaya Harus Bayar Pajak Property Lebih Banyak

Dikutip South China Morning Post (SCMP), Menurut kantor penilai publik King County di Medina, properti Bill Gates bisa mencapai 127,48 juta dolar atau sekitar Rp 1,8 triliun. Gates membeli tanah itu seharga 2 juta dolar AS pada 1988.

Rumah pendiri Microsoft ini memiliki tujuh kamar tidur dan 18 kamar mandi. Rumah itu dibangun menggunakan pohon cemara Douglas berusia 500 tahun dengan 300 pekerja konstruksi, 100 di antaranya adalah tukang listrik.

Baca Juga: Bill Gates, Orang Sangat Kaya Harus Bayar Pajak Property Lebih Banyak

Tampak luar, rumah Bill Gates seperti rumah biasa yang dikelilingi pohon. Tetapi, dibalik itu, rumah ini sudah menerapkan beberapa teknologi canggih, termasuk membuatnya menciptakan lingkungan yang hemat energi.

Area rumahnya yang luas memiliki sensor memantau iklim dan pencahayaan ruangan. Saat tamu tiba, sensor akan menandainya. Sehingga saat mereka bergerak di seluruh rumah, akan menciptakan pencahayaan dan suhu yang sesuai untuk memberikan kenyamanan.

Baca Juga: Alasan Cerai, Bingung Bagi Waktu antara Pekerjaan dan Keluarga

Ada pula, speaker yang tersembunyi di balik dinding wallpaper yang memungkinkan musik mengikuti seseorang berpindah dari ruangan ke ruangan lainnya. Terdapat pajangan dinding karya seni di dalam rumah yang dapat berubah hanya dengan satu sentuhan tombol.jk/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU