Pemkab Malang akan Kembali Menggelar Sambang Desa Wisata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 24 Apr 2024 19:14 WIB

Pemkab Malang akan Kembali Menggelar Sambang Desa Wisata

SURABAYAPAGI.COM, Malang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang akan kembali menggelar sambang desa wisata di 33 kecamatan di Kabupaten Malang. Hal itu merupakan permintaan langsung dari Bupati Malang HM. Sanusi usai berdiskusi dengan para kepala desa. 

"Setelah ini kita programkan untuk melihat di lapangan potensi yang dimiliki masing-masing desa," ujar Sanusi. 

Baca Juga: Berhasil di Sektor Peternakan, Kabupaten Malang Surplus 1.181 Ton Daging Sapi

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang itu menyampaikan bahwa kegiatan sambang desa wisata sangat perlu digelar dan dijalankan kembali secara rutin.

Pasalnya, melalui kegiatan sambang desa wisata, pimpinan daerah serta kepala perangkat daerah di Pemkab Malang dapat melihat secara langsung kondisi dan potensi yang ada di masing-masing desa untuk dikelola secara lebih baik dan terukur.  

Bupati asli Gondanglegi, Kabupaten Malang, itu mengatakan bahwa kegiatan sambang desa wisata akan diutamakan untuk desa-desa yang memiliki potensi, baik potensi alam, industri hingga pariwisata.

"Dijadwalkan kembali sambang desa wisata di tiap-tiap kecamatan untuk melihat kondisi yang ada, utamanya yang memiliki potensi wisata," kata Sanusi. 

Baca Juga: PBID untuk Warga Miskin di Malang akan Diaktifkan Kembali

Menurut Sanusi, sebanyak 33 kecamatan di Kabupaten Malang memiliki potensi yang berbeda-beda. Jika semua potensi yang beragam dari masing-masing desa dikembangkan dan dikelola dengan baik, itu akan memberikan dampak positif kepada masyarakat, khususnya untuk pertumbuhan perekonomian masyarakat. 

Oleh karena itu, dalam waktu dekat, Sanusi meminta kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Purwoto untuk menyusun jadwal  terkait kegiatan sambang desa wisata. 

"Nanti kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan silakan dijadwalkan kembali untuk sambang desa wisata di tiap kecamatan," ujar Sanusi. 

Baca Juga: Bansos Anak Yatim di Malang akan Naik

Sanusi mengungkapkan, kegiatan sambang desa wisata ini digelar kembali juga sebagai respons adanya keluhan yang disampaikan para kepala desa. Keluhannya pun beragam. Mulai dari sektor infrastruktur yang butuh segera dibenahi hingga sektor pariwisata yang harus dikembangkan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat.  

"Nanti kita turun ke lapangan bersama para kepala dinas," tandas Sanusi. Ml-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU