Usung Tema Mahabarata, PLN Tingkatkan Keandalan Pasokan Listrik di Kabupaten Tuban

author Arlana Chandra Wijaya

- Pewarta

Kamis, 25 Apr 2024 11:07 WIB

Usung Tema Mahabarata, PLN Tingkatkan Keandalan Pasokan Listrik di Kabupaten Tuban

i

Petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN melakukan pemeliharaan pada Jaringan Tegangan Menengah (TM) 20 kV. Foto/Humas PLN

SurabayaPagi, Tuban - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menggelar kegiatan pemeliharaan preventif untuk meningkatkan keandalan jaringan dan pasokan listrik di wilayah Tuban pada 23 - 24 April 2024. 

Kegiatan bertajuk Mahabarata (MAksimalkan pemeliHAraan Borderless AntaR unit sAmpai tunTAs) ini diawali dengan apel gelar pasukan dipimpin oleh Manager PT PLN (Persero) UP3 Bojonegoro, I Made Agus Dwi Putra.

Baca Juga: Hidupi Sawah di Nganjuk, PLN Jadi Pelopor Penggerak Ekonomi di Sektor Pertanian

"Kegiatan pemeliharaan ini mengambil analogi Mahabarata mengisahkan perang antara Kurawa dan Pandawa Lima. Gangguan Penyulang atau penyebab padam adalah Kurawa/musuh yang harus dihadapi oleh PLN sebagai Pandawa Lima. Harapannya dengan dimenangkannya perang terhadap padam, maka dapat meningkatkan keandalan layanan yang juga berbanding lurus dengan meningkatnya kepuasan pelanggan,” kata Made.

PLN menerjunkan 151 personel dari berbagai Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dilengkapi dengan 24 armada. 

Personel terdiri dari tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), Skylift, Pemeliharaan & Rabas (Harbas), regu assesmen kabel TM 20 kV dan Pelayanan Teknik yang didampingi oleh pengawas pekerjaan masing-masing.

Titik-titik perbaikan menyasar wilayah yang tahun lalu memiliki potensi gangguan tinggi dibanding lainnya yaitu Penyulang Montong, Mander dan Pambon. Total panjang penyulang 159,310 ms, 111 Gardu dan melayani 34.506 pelanggan. 

Baca Juga: Amankan Gelaran Proliga di Gresik, PLN Jamin Pasokan Listrik GOR Tri Dharma

"Beberapa penyebab gangguan utama yang terjadi antara lain diakibatkan oleh petir, pohon dan kerusakan material pada jaringan. Oleh karena itu Mahabarata fokus pada kegiatan pemeliharaan, penggantian material, perbaikan sambungan konduktor tegangan menengah, dan perabasan pohon dekat jaringan," imbuh Made.

Mendukung penuh giat keandalan, hadir pula perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Tuban, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Polres Tuban dan Kodim 0811 Tuban. 

Ia juga mengapresiasi kesigapan PLN dalam melayani keluhan maupun gangguan pelanggan serta stakeholder melalui WhatsApp Grup Sahabat PLN. 

Baca Juga: Tingkatkan Kesiapsiagaan dan Kemanusiaan di Ponorogo, PLN Terima Penghargaan Dari PMI

“Mewakili Pemerintah Kabupaten Tuban kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada keluarga besar PLN atas sinergi dalam kegiatan Mahabarata ini. Pemerintah Kabupaten Tuban selalu berharap kepada PLN untuk dapat memberikan Pelayanan yang Terbaik kepada masyarakat,” tambah Asisten II Bupati Tuban, Endro Budi S. 

General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo memastikan kegiatan pemeliharaan preventif untuk peningkatan keandalan secara rutin digiatkan di beberapa wilayah Jawa Timur.

"Sebelum melakukan pekerjaan segenap personil diingatkan agar selalu mematuhi SOP, aturan K3 dan selalu menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) serta mengawali dan mengakhiri semua kegiatan dengan doa. Kegiatan ini merupakan upaya kami menurunkan jumlah gangguan listrik yang diakibatkan oleh petir, dahan dan atau ranting patah dengan jarak aman pohon dari jaringan sejauh 3 meter terlebih saat terjadi cuaca ekstrim," pungkas Agus. Byb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU