Baru 3 Minggu Beroperasi, Moda Transportasi di Bandara Dhoho Sepi Order

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 26 Apr 2024 18:45 WIB

Baru 3 Minggu Beroperasi, Moda Transportasi di Bandara Dhoho Sepi Order

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Bandara Dhoho yang berada di Kabupaten Kediri sudah mulai beroperasi sekitar 3 minggu lalu. Namun, dari pantau sekitar masih sepi order moda transportasi seperti bus dan taksi di sekitar bandara.

“(Angkutan sepi, Red) karena memang kebanyakan lebih memilih diantar jemput keluarga,” kata Kabid Pengembangan Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri Yudha Nur Ari, Jumat (26/04/2024).

Baca Juga: Angkutan Khusus Bandara Dhoho Sepi, Pemkab Beri Intensif Naik Bus Gratis

Menurut Yudha, mayoritas yang membuat sepi moda transportasi di sekitar terutama bus dan taksi lantaran penumpang sudah diantar dan dijemput oleh keluarganya. Kerabat yang mengantar dan menjemput di bandara mayoritas datang dengan penuh antusias lantaran ingin melihat langsung kondisi bandara yang baru diresmikan tersebut.

“Kan bandara baru, jadi mengantar sekaligus melihat-lihat bandara karena penasaran,” lanjutnya.

Seperti terlihat, taksi Bluebird yang sebelumnya mengoperasikan lima unit mobil, kini tinggal tiga unit yang standby di bandara. Hal itu juga terjadi pada pengurangan juga dilakukan oleh PO Bus Harapan Jaya. Jika sebelumnya mereka menerjunkan lima armada, kini tinggal dua unit yang beroperasi.

Baca Juga: Segera Angkat Kaki, Ratusan Warga Terdampak Akses Tol Ki Agung Bandara Dhoho

“Itu pun hanya mengantar ke Terminal Gayatri Tulungagung. Yang ke Kota Kediri dan Pare tidak ada,” sambung Kabid Angkutan Dishub Kediri Nanang Pujianto.

Lebih lanjut, Nanang menegaskan, sedikitnya jumlah penumpang yang memanfaatkan angkutan bandara itu juga karena jadwal penerbangan di sana yang masih sedikit.

“Karena memang ini masih rintisan ya. Jadi memang butuh waktu juga. Setidaknya untuk saat ini sudah menyiapkan moda transportasi,” terang Nanang optimistis ke depan moda transportasi di bandara akan banyak diminati penumpang. Hal tersebut seiring dengan banyaknya rute penerbangan di sana.

Baca Juga: Bandara Dhoho Kediri Resmi Beroperasi, Citilink Bawa 177 Penumpang

Optimisme serupa juga diungkapkan oleh Yudha. Menurutnya, potensi penumpang di wilayah selatan Jawa Timur sangat besar. Karenanya, dia yakin ke depan bandara akan semakin ramai.

Sementara itu, dengan rute penerbangan yang baru dua kali dalam seminggu, jumlah penumpang yang datang dan berangkat lewat Bandara Dhoho memang belum terlalu banyak. Kondisi itu pula yang membuat angkutan umum di sana belum berkembang. kdr-01/dsy

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU