Sambut 23.719 Peserta Tes UTBK, UNESA Siapkan 1.098 Unit Komputer

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 26 Apr 2024 19:24 WIB

Sambut 23.719 Peserta Tes UTBK, UNESA Siapkan 1.098 Unit Komputer

i

Sistem operasi hingga software tesnya pun sudah dipastikan berjalan dengan baik. SP/UNESA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2024 tinggal menghitung hari. Sesuai jadwal, tes untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) ini akan dilaksanakan pada 30 April dan 02-07 Mei 2024 untuk gelombang pertama. Sementara gelombang kedua pada 14-20 Mei 2024.

UTBK akan diselenggarakan di sejumlah perguruan tinggi, salah satunya Universitas Negeri Surabaya (UNESA) yang tahun ini dipilih sebanyak 23.719 peserta sebagai lokasi tes. Jumlah peserta yang memilih kampus ‘Rumah Para Juara’ untuk tes UTBK tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya di angka 23.252 peserta.

Baca Juga: Elevasi Pembelajaran Aktif dengan Video Kreatif

Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa, Dr. Sukarmin, M.Pd., di Surabaya, Jumat (26/4/2024) menyampaikan, UNESA menjadi salah satu tempat tes favorit bagi peserta UTBK. Jumlah peserta tes di UNESA terus meningkat. Mereka datang dari berbagai daerah seluruh Indonesia.

“Peserta terbanyak memang dari Jawa Timur. Ada peserta yang dari Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Sumatera, Riau, Sulawesi, Aceh hingga Papua yang akan tes di UNESA. Jumlah yang luar biasa, kami kelola tes ini dengan baik agar peserta bisa tes dengan nyaman dan lancar," ucapnya.

Kasubdit Infrastruktur dan Teknologi Informatika, dan Pusat Data, I Gusti Lanang Putra Eka Prismana, S.Kom., M.Kom., menuturkan bahwa berbagai persiapan sudah dilakukan untuk menyambut pelaksanaan UTBK.

Baca Juga: Penjaminan Mutu Sekolah Pascasarjana UNESA beri Pelatihan Sekolah Indonesia Malaysia

Dari aspek infrastruktur jaringan, sudah dilakukan pengecekan secara fisik untuk memastikan semuanya aman. Begitupun dengan komputer. Total komputer yang disiapkan sebanyak 990 unit komputer utama plus 108 unit komputer cadangan. Sistem operasi hingga software tesnya pun sudah dipastikan berjalan dengan baik.

Direktur Humas dan Informasi Publik, Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., MA., menambahkan, tes UTBK di UNESA dilaksanakan di dua kampus. Pertama, di Kampus 1 Ketintang dengan kuota peserta setiap sesi sekitar 505 peserta. Kedua, di Kampus 2 Lidah Wetan dengan 425 peserta.

Dia menghimbau seluruh peserta untuk melakukan cek lokasi tes dengan dengan orientasi virtual melalui Google Map dan merencanakan perjalanan dengan estimasi yang tepat.

Baca Juga: Teknologi Pendidikan UNESA Beri Pelatihan Video Interaktif di SDN Manukan Kulon Surabaya

Sangat disarankan peserta untuk datang langsung cek lokasi, ruangan, gedung, dan tempat atau nomor duduk. Peserta bisa mengecek lokasi mulai Jumat, 26 April 2024.  

Pengecekan lokasi ini penting dilakukan, baik bagi peserta asli Surabaya maupun di luar daerah. Kasus keterlambatan peserta UTBK sebelumnya banyak disebabkan salah lokasi atau salah kampus.sb/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU