Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong Diusulkan Dapat Gelar Warga Negara Kehormatan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 28 Apr 2024 14:59 WIB

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong Diusulkan Dapat Gelar Warga Negara Kehormatan

i

Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Nama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (STY) kian dikenal masyarakat lantaran membawa persepakbolaan Indonesia sukses lolos ke semifinal Piala Asia U-23 Qatar, dan kini berpeluang besar lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Melihat antusias dan dedikasinya tersebut, Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengusulkan Shin Tae Yong (STY) untuk mendapat gelar warga negara kehormatan dari Indonesia.

Baca Juga: Shin Tae-yong, Berlimpah Harta

“Coach STY telah menulis sejarah bagi sepak bola Indonesia yang akan dikenang selamanya. Dengan visi, dedikasi, dan kepemimpinan yang luar biasa. STY telah membuktikan bahwa mimpi besar dapat diwujudkan,” kata Bambang Mei Finarwanto Direktur Mi6 di Mataram, Minggu (28/04/2024).

Indonesia kini sedang menjadi perhatian dunia dengan lolos ke semifinal usai berpartisipasi untuk pertama kali di ajang Piala Asia U23, setelah menumbangkan Korea Selatan yang notabene raksasa sepak bola Asia.

Timnas Indonesia kini berpeluang lolos ke Olimpiade Paris 2024 dengan mengantongi tiket playoff dan akan menghadapi Guinea, salah satu negara wakil Afrika. Bahkan, jika Timnas Indonesia mampu lolos ke partai final Piala Asia U23, maka Indonesia akan lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024, sebuah prestasi tingkat tinggi yang belum pernah diraih sebelumnya semenjak Indonesia merdeka.

Bambang mengatakan, setiap kali bermain, Timnas Indonesia tidak hanya mewakili negara, tetapi juga mewakili harapan dan impian semua masyarakat. Itulah mengapa apresiasi tinggi layak diberikan kepada Pelatih STY.

Baca Juga: Saatnya Garuda Muda Tembus Olimpiade

“Keberhasilan Timnas bukan hanya sebuah kemenangan bagi tim, tetapi juga kemenangan bagi seluruh negeri. Itulah mengapa menurut kami Mi6, “Coach” STY layak mendapat gelar Warga Negara Kehormatan,” katanya.

Selain itu, menurut dia, usulan apresiasi tinggi kepada Pelatih STY ini bukan hendak menciptakan diskriminasi dalam dunia olahraga Indonesia. Mengingat di cabang olahraga yang lain, prestasi Indonesia juga tak kalah menjulangnya.

Namun katanya, olahraga sepak bola, memiliki karakteristik yang khas. Sebab, prestasi tinggi dalam sepak bola, terutama oleh Timnas, memiliki kemampuan yang kuat untuk menyatukan orang dari berbagai latar belakang.

Baca Juga: Magis Shin Tae-yong, Garuda Muda Yakin ke Final

Itu sebabnya, kesuksesan Timnas sepak bola seringkali dipandang sebagai pencapaian nasional yang membanggakan. Memicu rasa patriotisme dan identitas nasional yang kuat diantara seluruh warga negara.

“Prestasi besar dalam sepakbola mampu mengalihkan perhatian masyarakat dari isu politik yang sedang memanas sekalipun. Kegembiraan dan semangat positif yang terjadi selama perayaan kemenangan Timnas ini, dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan psikologis masyarakat secara keseluruhan,” katanya.

“Coach” STY telah mengharumkan nama bangsa kita,” sambungnya. jk-07/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU