Peringati Hari Bumi 2024, PLN Gandeng DLH Surabaya, Tanam Pohon di Area Green Belt Benowo

author Arlana Chandra Wijaya

- Pewarta

Minggu, 28 Apr 2024 17:19 WIB

Peringati Hari Bumi 2024, PLN Gandeng DLH Surabaya, Tanam Pohon di Area Green Belt Benowo

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Peringati Hari Bumi tahun 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya gelar tanam pohon di area green belt Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo. 

Sebanyak 400 tanaman bambu di tanam di wilayah pembuangan sampah terbesar di Surabaya dikarenakan tanaman ini berperan menangani limbah beracun, penyerap karbon terbaik, menyerap bau hingga penahan erosi guna mencegah bahaya kebanjiran.

Baca Juga: Hidupi Sawah di Nganjuk, PLN Jadi Pelopor Penggerak Ekonomi di Sektor Pertanian

General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo memaparkan aksi tanam pohon ini merupakan program PLN dalam mendukung pemerintah mengatasi isu perubahan iklim sekaligus sebagai penerapan kegiatan environmental, social and government (ESG) korporasi.

"Upaya penghijauan yang dilakukan PLN kali ini mendukung program pemerintah untuk area sekitar TPA Benowo, sebelumnya juga sudah dilakukan penanaman 200 tanaman di wilayah yang sama. Tak hanya itu, PLN juga telah melakukan penanaman 20 ribu pohon mangrove di kawasan Hutan Mangrove Gunung Anyar, Surabaya, Teluk Pangpang Banyuwangi, Lamongan dan lainnya," imbuh Agus.

Baca Juga: Amankan Gelaran Proliga di Gresik, PLN Jamin Pasokan Listrik GOR Tri Dharma

Ia berharap melalui upaya penghijauan ini, PLN dapat berkontribusi menjaga keseimbangan ekosistem, menurunkan suhu, mengurangi polusi udara serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jawa Timur. 

Kedepannya aksi penghijauan ini akan terus digalakkan PLN secara konsisten.

Baca Juga: Tingkatkan Kesiapsiagaan dan Kemanusiaan di Ponorogo, PLN Terima Penghargaan Dari PMI

Menyambut baik keterlibatan PLN, Kepala DLH Kota Surabaya, Dedik Irianto mengatakan komitmen PLN membersamai pemerintah menangani isu lingkungan di Surabaya. 

"Serangkaian upaya telah kami gaungkan untuk mengatasi maupun antisipasi perubahan iklim dan cuaca ekstrim. Terima kasih kepada PLN yang dalam hal ini mensupport tanaman dan lainnya. Semoga kegiatan penanaman di wilayah Benowo ini mampu mengatasi permasalahan lingkungan dan membuat Kota Surabaya lebih sejuk dan nyaman," pungkas Dedik. Byb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU